DAFTAR BERITA

Selasa, 22 Januari 2013

Pemprovsu Serahkan Dana Hibah Rp646,4 Milyar untuk Pilkada Sumut

Ketua KPU Sumut, Ketua Panwaslu Sumut dan Ketua Polda Sumut Tandatangani Dana Hibah Pilkada Sumut (Foto: Damai / Aktual.co)
INFO TABAGSEL.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serahkan Rp646,4 Milyar dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada di Sumatera Utara. Penyerahan dilakukan di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Kota Medan, Senin (21/1).


Rincian dana hibah itu yakni, dari sumber dana APBD 2012 akan diserahkan kepada KPU sebanyak Rp150 milyar, dan Panwaslu sebanyak Rp36,1 milyar. Sementara dari sumber dana APDB 2013 akan diperuntukan juga bagi KPU sekitar Rp332,58 milyar, Panwaslu Rp40,66 milyar, dan Polda Sumut sebesar Rp87 milyar selaku koordinator keamanan pelaksana pilgub Sumut 2013

Dana itu diserahkan kepada tiga instansi yaitu, KPU Sumut, Panwaslu Sumut dan Polda Sumut untuk beragam kebutuhan seperti sosialisasi, transportasi, pengawasan dan pengamanan pesta rakyat Sumut yang akan dilaksanakan 7 Maret 2012 mendatang.

“Total dana hibah yang dipersiapkan pemerintah provinsi melalui APBD 2012 dan APBD 2013 adalah sekitar Rp646,4 milyar,” sebut Gatot.

Penandatanganan Naskah Hibah dilakukan oleh Gatot bersama Kapolda Sumut Irjen Wisjnu Amat Sastro, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution, dan Ketua Panwaslu Sumut David Susanto. 

Sementara sebagai saksi proses tersebut adalah Sekda Sumut Nurdin Lubis, Danlanud Kolonel Pnb Bowo Budiarto SE, Komandan Lantamal Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Forum Komunikasi Umat Beragama, dan perwakilan partai politik peserta pilgub 2013.

“Kegiatan Pilgub ini harus menjadi success story bagi Sumut untuk mendapatkan pemimpin terbaik bagi Sumut,” ujar Gatot.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan akan melakukan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan dana tersebut.

“Dana besar tersebut bagian dari komitmen yang harus dimanfaatkan secara positif bagi pembangunan Sumut. Kami akan meminta pendampingan dan konsultasi kepada KPK bagaimana tata kelola keuangan agar semuanya berjalan lancar dan sesuai aturan,” kata Irham.

Kapolda Sumut Irjen Wisjnu Amat Sastro dalam sambutannya menyatakan akan tetap bertanggung jawab terhadap dana operasional yang diamanatkan kepada institusinya.

Secara tegas, Wisjnu menyatakan komitmennya dalam mengelola dana sebesar Rp87 milyar untuk dua putaran.

“Kami akan bertanggungjawab terhadap uang rakyat itu. Saya mohon diawasi dan dana itu akan kami siapkan untuk dua putaran,” tegas Wisjnu.

Kesempatan itu, Wisjnu menghimbau semua pihak tetap menjaga situasi Sumut kondusif terkait pilgub ini.

“Jangan melakukan tindakan anarkis karena akan merugikan diri kita sendiri di Sumut,” kata Wisjnu.( Aktual.co)

Tidak ada komentar: