DAFTAR BERITA

Rabu, 28 November 2012

SBY Hadiri Peringatan Bulan Menanam Nasional


INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono serta Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2012 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (28/11) pukul 09.00 WIB. Peringatan tahun ini bertemakan 'Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau'.

Dalam sambutannya, Presiden SBY menegaskan bahwa sekarang ini yang lebih dibutuhkan adalah aksi nyata. Masyarakat sudah menyadari pentingnya menanam pohon demi menjaga lingkungan. "Sudah cukup kita bicara kesana kemari, yang penting adalah tindakannya. Yang penting adalah aksinya, pelaksanaannya, karena kita kita ingin kelangsungan di bumi ini terjaga," SBY menegaskan.

Ketika dunia berdebat tentang perubahan iklim, pemanasan global, dan pemeliharaan lingkungan, Indonesia memilih tidak hanya berbicara, bernegosiasi, dan berbebat. "Indonesia ingin yang penting kita telah melaksanakan semua untuk bumi kita," kata Presiden.

SBY kemudian mencontohkan, ketika terjadi kebuntuan dalam KTT Perubahan Iklim 2009 di Kopenhagen, Denmark, dengan sukarela Indonesia menyampaikan komitmennya untuk menurunkan emisi karbon secara signifikan. "Dengan sepenuh hati demi anak cucu kita, demi bumi kita, kita ingin mengurungai emisi karbon sebesar 26 persen sebelum tahun 2020," Presiden SBY menegaskan.

"Tanpa terlalu banyak debat dan berdiskusi kita menata kembali hutan kita, moratorium untuk lahan gambut, kita memerangi kebakaran hutan, kita memerangi illegal logging, kita menghutankan kembali, dan yang tidak kalah penting kita menanam pohon dengan target 1 miliar pohon setiap tahun. Ini nyata," Kepala Negara menjelaskan.

Bentuk nyata lainnya adalah dengan adanya kerja sama REDD+ antara Indonesia dengan Norwegia.

Sebelumnya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menjelaskan, gerakan menanam pohon dicanangkan pada tahun 2007. Bentuk kegiatannya, antara lain, rehabilitasi hutan dan lahan, mengelola tanaman industri, hutan rakyat, hutan kemasyarakatan, dan hutan desa. Pada tahun 2010 sudah tertanam 1,3 miliar pohon dan pada tahun 2011 tertanam 1,5 miliar pohon.

"Pada tahun 2012, sampai dengan akhir Oktober telah teralisasi sebanyak lebih dari 732 juta batang pohon yang kita tanam dari target minimal 1 miliar yang telah kita tetapkan," ujar Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan ini Presiden SBY menyerahkan penghargaan kepada gubernur, bupati, dan walikota pemenang lomba tingkat nasional 2011. Ada dua jenis lomba, tanam pohon 1 miliar dan penghijauan konversi alam lestari. Sebelumnya Menhut Zulkifli Hasan menyerahkan SK izin usaha hutan tanaman rakyat kepada lembaga desa/ kelompok masyarakat.

Di akhir acara, Presiden SBY berdialog dengan penerima penghargaan perorangan yang diteruskan dengan melakukan penanaman pohon. Presiden menanam pohon Manglid sementara Ibu Ani pohon Sempur. Penaman pohon ini juga serentak dilakukan di berbagai penjuru tanah air.

Turut hadir dalam kesempatan ini, antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkum dan HAM Amir Syamsudin, Mendag Gita Wirjawan, Menkes Nafsiah Mboi, Menteri LH Baltazar Kambuaya, MenKop dan UKM Syarief Hasan, dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. (dit)


Tidak ada komentar: