DAFTAR BERITA

Rabu, 24 Juni 2015

Toge Sajian Buka Puasa Khas Madina

Nailah Hasibuan pedagang toge di Pasar Ramadhan Pasar Baru Panyabungan, sibuk melayani pembeli, Rabu (Antara Sumut) Mansur Lubis


INFO TABAGSEL.com-Toge merupakan salah satu masakan khas Mandailing Natal sebagai sajian setiap hari khususnya saat Bulan Suci Ramadhan yang bisa didapatkan di Pasar Ramadhan, tepatnya Pasar Baru Panyabungan.

Roilah Hsb (50) pedagang Toge kepada antarasumut, Rabu, mengatakan, sajian khas Madina ini harganya xukup terjangkau, hanya Rp4.000 setiap bungkusnya. Selama Ramadhan dia, mengaku dagangannya banyak diserbu pembeli.

“Alhamdulillah omset yang didapat pada Bulan Ramadhan ini lebih kurang Lima Juta Rupiah setiap hari,” katanya.

Toge merupakan paduan beberapa macam masakan lain seperti pulut hitam, pulut putih, tepung beras ,gula aren dan sebagai pewangi dan pewarna cendol ditambah beberapa helai daun pandan.

“Dia mengaku sudah cukup lama berjualan toge. bahkan sekitar 15 tahun silam masakan toge ini tampil mengikuti perlombaan kuliner khas daerah seluruh Indonesia yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Menurutnya, selain pelengkap sajian buka puasa toge juga sering dihidangkan pada acara pernikahan dan hari besar lainnya baik di Madina dan luar Madina sendiri. Masakan khas ini sudah berusia ratusan tahun.

Sementara Irma salah satu pembeli mengatakan buka puasa terasa kurang sempurna tanpa dilengkapi dengan “toge” .Bahkan hari biasa juga kerap mendapat pesanan dari saudara yang berada di luar Madina karena merindukan makanan khas masyarakat Mandailing Natal.

Tidak ada komentar: