DAFTAR BERITA

Minggu, 14 Juni 2015

Tambang Martabe Bangun Puskesmas Untuk Tapsel



INFO TABAGSEL.com-Manajemen Tambang Emas Martabe menyerahkan bangunan Puskesmas rawat inap yang dibangun senilai Rp3,9 miliar di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ke pemerintah setempat.

“Puskesmas rawat inap yang dibangun sejak akhir November 2014 sudah selesai pembangunannya dan diserahkan ke Pemkab Tapanuli Selatan untuk bisa dimanfaatkan,” kata Deputi General Manager General Affairs Tambang Emas Martabe Stevi Thomas di Medan, Sabtu.

Menurut dia, masalah kesehatan masyarakat di sekitar kegiatan operasi penambangan menjadi perhatian utama manajemen Tambang Emas Martabe.

Kesejahteraan dan tumbuhnya kegiatan perekonomian masyarakat tidak akan tercapai tanpa didukung oleh kesehatan masyarakat.

Dengan dibangunnya puskesmas rawat inap di atas lahan seluas 1.460 meter persegi di Kelurahan Aek Pining itu, pihaknya mengharapkan adanya pelayanan dan fasilitas kesehatan yang memadai untuk masyarakat.

“Setelah serah terima, pengelolaan dan pemeliharaan Puskesmas itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemkab Tapanuli Selatan,” katanya.

Pembangunan Puskesmas itu diakuinya merupakan tindak lanjut pelaksanaan nota kesepahaman perusahaan dengan warga.

“Pembangunan puskesmas menunjukkan lagi komitmen Martabe di bidang kesehatan masyarakat dan diakui semua itu juga bisa tercapai berkat dukungan dari masyarakat dan Pemkab Tapanuli Selatan,” katanya.

Sebelum Puskesmas rawat inap itu selesai, Martabe sebelumnya menyerahkan bantuan mobil ambulans untuk keperluan pelayanan kesehatan Puskesmas Muara Batangtoru, Marancar, dan Angkola Sangkunur.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu mengakui, puskesmas itu merupakan tindak lanjut dari Perubahan Nota Kesepahaman Bersama antara Tambang Emas Martabe denan sembilan kepala desa/lurah di Kecamatan Muara Batangtoru yang ditandatangani pada 13 Agustus 2013.

“Kepedulian Martabe ini patut diapresiasi karena puskesmas rawat inap memang sangat diperlukan masyarakat,” katanya.

Tidak ada komentar: