DAFTAR BERITA

Jumat, 29 Mei 2015

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia DI Gunung Tua

Kasatlantas Polres Tapsel AKP Sonny Harsono, Sik saat menindak salah satu pengendara dan memimpin langsung pelaksanaan operasi Patuh tahun 2015 di wilayah Gunung Tua. Dalam pelaksanaan operasi itu puluhan kendaraan terjaring.(FOTO:Analisa/tohong p harahap)


INFO TABAGSEL.com-Puluhan kendaraan baik roda dua, tiga maupun roda empat, terjaring razia dalam Operasi Patuh tahun 2015 yang digelar jajaran Satlantas Polres Tapanuli Selatan di Jalan Sisingamangaraja, Lingkungan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (28/5).

Operasi Patuh ini melibatkan pihak Dinas Perhubungan Paluta, Sub Denpom Tapsel, Samsat Paluta, Kejari Gunung Tua, Polsek Padang Bolak serta pihak Pengadilan Negeri Tapsel dan Satpol PP Paluta.

Kasatlantas Polres Tapsel AKP Sonny Harsono, Sik didampingi Kanit Lantas Polsek Padang Bolak Ipda Yaqin disela-sela razia kepada wartawan menyebutkan pada hakekatnya pelaksanaan Operasi Patuh ini untuk meningkatkan ketertiban dan kelancaran lalulintas serta meniminimalisir angka kecelakaan lalu lintas serta untuk menciptakan kondisi menjelang bulan Ramadan 1436 H dan Idulfitri.

Ia menambahkan, banyak pelanggaran lalu lintas dilakukan sejumlah pengendara roda dua maupun roda empat sehingga harus ditilang. Pelanggaran yang paling menonjol adalah tidak membawa SIM dan kelengkapan kendaraan lainnya.

“Operasi ini digelar sejak tanggal 27 Mei 2015 hingga 9 Juni 2015 mendatang. Penindakan tegas harus diambil kepada pengguna jalan yang melanggar agar mereka bisa mematuhi tertib lalu lintas, dan untuk menekan tingkat kecelakaan para pengguna jalan,” ujar Sonny.

Selain itu, operasi ini juga diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya. Meminimalisir pelanggaran kecelakaan lalu lintas. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Meningkatkan peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan.

“Semua kenderaan yang terjaring razia ini akan kita tilang dan surat-suratnya ditahan lantas diserahkan ke Pengadilan Negeri setempat untuk disidangkan sesuai jadwal yang ditentukan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Paluta Rachmat Efendi Harahap MM. Menurutnya, selain menertibkan pengendara yang tidak memakai kelengkapan berkendara, razia penertiban ini juga difokuskan untuk menertibkan administrasi dan dokumen kendaraan dengan tujuan menertibkan arus lalu lintas yang ada di Paluta.

“Razia ini difokuskan pada penertiban administrasi dan dokumen kendaraan yang tidak lengkap, supaya masyarakat tahu betapa pentingnya dokumen kenderaan demi kenyamanannya berkendara,” ungkapnya.

Informasi dihimpun wartawan, sebanyak 63 kenderaan yang terdiri dari 3 kenderaan roda empat, 1 kenderaan roda tiga (betor) dan 59 kenderaan roda dua terjaring Operasi Patuh Toba 2015 dan semuanya akan dibawa dan dititipkan di Mapolsek Padang Bolak sambil menunggu proses persidangan sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar: