DAFTAR BERITA

Kamis, 28 Mei 2015

BPS dan Pemkab Paluta Verifikasi Data Kemiskinan



INFO TABAGSEL.com-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paluta menggelar rapat koordinasi pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) tahun 2015 di Aula Kantor Bupati Paluta, Rabu (27/5).

Rapat koordinasi PBDT ini dibuka oleh Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan SE dan diikuti oleh camat se-Kabupaten Paluta, pihak kepolisian dalam hal ini Polsek, Danramil serta pihak kelurahan dan undangan lainnya.

Wabup Paluta H Riskon Hasibuan SE menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan rapat koordinasi ini yang bertujuan untuk menyatukan pemahaman tentang konsepsi kemiskinan yang digunakan, merumuskan data serta tata cara verifikasi dan validasi data kemiskinan.

Lanjutnya, sesuai dengan agenda Pembangunan Nasional dalam Nawacita ke 6 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, di dalam RPJMN 2014-2019 pemerintah telah menetapkan sasaran penurunan angka kemiskinan sebesar 7,0 sampai dengan 8,0 persen pada tahun 2019.

Oleh karena itu Pemkab Paluta dalam RPJMD 2013-2018 menargetkan untuk menurunkan angka kemiskinan menjadi 7,6 persen pada tahun 2018 yang sebelumnya angka kemiskinan di Kabupaten Paluta sebesar 10,28 persen pada tahun 2013 lalu, dan dengan komitmen, dukungan serta sinergi dari semua pihak baik pemerintah pusat, kabupaten, swasta, masyarakat dan tentu saja sdengan data yang valid, akurat dan up to date, target penanggulangan kemiskinan itu akan tercapai.

Dengan dilakukannya pemutakhiran data ini nantinya berbagai jenis program bantuan agar tepat sasaran seperti, Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Indonesia Pintar (PIP), dan Program Indonesia Sehat (PIS) untuk Membangun Keluarga Produktif dan program lainnya dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Ia juga mengajak semua pihak agar mendukung proses pemutakhiran basis data terpadu tahun 2015 Kabupaten Paluta dapat berjalan baik dan sukses serta menghasilkan data kemiskinan yang benar-benar valid, akurat dan up to date angka kemiskinan dapat ditekan dan kesejahteraan masyarakat Paluta dapat ditingkatkan.

Kepala BPS Paluta Ester Sitorus menjelaskan kegiatan PBDT dilakukan dalam rangka menyempurnakan dan memutakhirkan informasi rumah tangga dan individu, yang terdapat dalam Basis Data Terpadu yang merupakan sistem data elektronik yang memuat informasi sosial dan ekonomi rumah tangga berikut individu dengan tingkat kesejahteraan terendah.

Dikatakannya, rapat koordinasi PBDT ini nantinya akan merumuskan tata cara dan langkah yang akan diambil dalam memperbaiki data dan update data PPLS 2015 dimana sesuai instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2014 yang secara khusus menugaskan Kepala BPS melaksanakan pemutakhiran dan verifikasi Basis Data Terpadu (BDT). Nantinya BDT yang mutakhir dan akurat melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pusat ini akan digunakan dalam penyaluran program bantuan-bantuan dari Pemerintah Pusat.

Bertindak sebagai narasumber, di antaranya Kepala BPS Ester Sitorus, Kepala Dinas Sosnakertrans Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP MM. (Analisa)

Tidak ada komentar: