DAFTAR BERITA

Kamis, 23 April 2015

SBY: Semangat KAA tak Boleh Hilang



INFO TABAGSEL.com-Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan paparan singkat dalam diskusi Konferensi Antar-Parlemen Asia Afrika (KAA). Usai memberikan paparan, dia menegaskan bahwa semangat KAA tidak boleh hilang dan harus tetap dipertahankan.

"Kalau dulu semangatnya untuk anti kolonialisme, anti penjajahan, sekarang setelah kita merdeka, kita tetap perjuangkan keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan," kata SBY di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Menurut SBY, bentuk perjuangan negara-negara Asia Afrika ini bergeser dari perlawanan kepada penjajahan menjadi perjuangan menciptakan perdamaian dan kesejahteraan.

"Saya katakan semangat Asia Afrika tidak pernah hilang, fighting for peace, for justice, for prosperity," tuturnya.

Negara-negara Asia Afrika juga harus terus bekerjasama dalam mencapai hal ini. Semangat stabilitas, kesejahteran dan solidaritas antar negara juga harus terus dibangun. Dengan saling bahu membahu, permasalahan dipastikan dapat diselesaikan lebih cepat dan mudah.

"Untuk mendorong pembangunan 2015 harus dibangun dalam pandangan positif. Ini harus didukung kekuatan internasional. Ini salah satu tantangan asia-afrika, terutama kerjasama selatan-selatan," kata dia.