DAFTAR BERITA

Rabu, 22 April 2015

KTT Asia-Afrika dibuka Jokowi, ditutup PM Nepal

Presiden Iran Hassan Rouhani adalah salah seorang dari sedikit pemimpin Asia-Afrika yang menyampaikan Pidato dalam KTT Asia Afrika 2015 di Jakarta, Rabu (22/4). (ANTARA FOTO/AACC2015/Yudhi Mahatma

INFO TABAGSEL.com-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika di Jakarta, Rabu, telah selesai pada pukul 18.30 WIB dengan ditutup oleh Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala.

Para kepala negara dan kepala pemerintahan beserta delegasi sudah mulai meninggalkan lokasi konferensi untuk kemudian memenuhi undangan makan malam dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara mulai  pukul 19.00 WIB.
KTT dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh puluhan kepala negara dan pemerintahan, antara lain Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Raja Swaziland Mswati III, Perdana Menteri Palestina Rami Al Hamdallah, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Raja Jordania Abdullah II, Presiden Iran Hassan Rouhani dan PM Thailand Jenderal Prayut Chan O Cha. 

Presiden Joko Widodo memimpin sidang pleno pertama KTT Asia Afrika bersama dengan Presiden Robert Mugabe dan diikuti oleh seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan. 

Sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan dalam pidato pada sidang pleno pertama menyampaikan pandangan mengenai pentingnya kerja sama kawasan di berbagai bidang untuk mendorong kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan yang berpidato pada sidang pleno pertama adalah Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Raja Swaziland Mswati III, Perdana Menteri Palestina Rami Al Hamdallah, dan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Sidang pleno kedua KTT Asia Afrika dipimpin oleh PM Nepal Sushil Korala dan Presiden Madagaskar Hery Rajaonarimampianina untuk mendengarkan pernyataan dari beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan, baik dari negara peserta atau negara peninjau, serta perwakilan dari organisasi internasional.