DAFTAR BERITA

Kamis, 23 April 2015

Jepang Diterima Komunitas Internasional Berkat Spirit Bandung



INFO TABAGSEL.com-Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengaku Spirit Bandung sangat membantu negaranya untuk dapat diterima komunitas internasional setelah Perang Dunia II.

"Hidup dan biarkanlah hidup, itulah kutipan Presiden Soekarno yang lebih dikenal dengan Spirit Bandung yang memungkinkan bagi kami kembali memasuki komunitas internasional setelah Perang Dunia," ujar Shinzo Abe pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (22/4).

Menurut dia, nilai dalam Spirit Bandung yang melarang tindakan kolonialisme membantu negaranya bangkit dari efek Perang Dunia. Keterpurukan setelah peristiwa itu membuka peluang besar negara-negara lain membuka pintu kerjasama. "Untuk teman-teman yang telah merumuskan Spirit Bandung, saya sangat berterima kasih," imbuhnya.

Spirit Bandung, lanjut dia, membuat sejarah antara kedua benua terjalin dengan baik. Sudah saatnya bagi kita memperlihatkan persatuan kuat yang dibangun kedua benua Asia dan Afrika kepada belahan dunia lain. "Mari kita perlihatkan pada mereka," pungkasnya.