DAFTAR BERITA

Minggu, 05 April 2015

Gubsu dan Sekretaris MA Jadi Saksi Pada Pernikahan Putri Bupati Palas

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap terlihat menjabat tangan anak menantunya Arfan Habibi Tanjung, saat prosesi ijab qabul pernikahan, disaksikan Gubsu Gatot Puji Nugroho dan Sekretaris MA RI, Nurhadi.
 
INFO TABAGSEL.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho dan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) RI, Nurhadi, menjadi saksi, saat prosesi ijab qabul pada acara pernikahan putri Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap, berlangsung di kediaman Bupati Palas, pada Jumat (3/4).

"Sah...", ungkapan itu langsung terdengar dari Gubsu Gatot Pujo Nugroho dan diiyakan Nurhadi, Sekretaris Mahkamah Agung RI. Peristiwa sakral dan penuh hikmat itu pun seketika berubah. Jabatan tangan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap kepada menantunya Arfan Habibi Tanjung pun sudah terlepas. Hanya satu kali, ijab kabul sudah tuntas.

Rona kebahagiaan pun terlihat di wajah kerabat dan tamu VIP yang hadir, dilanjutkan doa yang dipimpin MUI Kabupaten Palas, H. Sehat. Muda, Lc rangkaian prosesi pernikahan selanjutnya sudah berlanjut ke penyerahan mahar dan buku nikah.

Mahar untuk sang putri sulung Bupati Palas, Lili Sarfiah Harahap, terungkap saat itu sebesar Rp 150 juta, sang mempelai pria pun menyerahkan mahar itu disaksikan orangtua kedua mempelai, kerabat, pejabat yang hadir dan undangan. Dilanjutkan dengan khutbah pernikahan dan nasehat pernikahan, juga diserahkan kepada Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

"Sebenarnya, awalnya saya cuma diminta jadi saksi. Tapi, sekarang harus menyampaikan nasehat lagi," ungkapnya dengan nada seloroh disambut senyum keluarga mempelai dan undangan yang hadir.

Intinya, dikatakan Gatot, pernikahan merupakan universitas kehidupan, artinya masih harus ada upaya pembelajaran untuk sama-sama mengarungi hidup berdua.

"Ananda sudah jadi pasangan suami istri yang insya Allah penuh keberkahan. Untuk itu, agar mendapatkan keberkahan itu, niatkanlah pernikahan ini untuk menyempurnakan keagamaan," ungkap gubernur.

"Mudah-mudahan, menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmat dan mendapatkan keturunan yang baik pula," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sakral itu, beberapa pejabat negara, baik pejabat daerah, pejabat provinsi, maupun pejabat pusat hadir dan menyaksikan prosesi pernikahan itu. Selain Sekretaris MA, ternyata dari Mahkamah Agung sendiri ada empat pejabat eselon I yang hadir. Anggota DPR RI Chairuman Harahap dan Iskan Qolba juga hadir, juga Edi Syaputra Hasibuan yang merupakan Komisioner Kompolnas RI.

Sementara, dari tingkat Provinsi Sumut, hadir Anggota DPRD Provinsi Burhanuddin Siregar beserta beberapa kepala dinas tingkat provinsi. Beberapa kepala daerah kabupaten juga terlihat, diantaranya, Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, Bupati Madina Dahlan Hasan, dan Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Tidak ketinggalan, Kapolres Tapsel, AKBP Parluatan Siregar dan Kepala Kejaksaan Negeri Padang Sidimpuan, Nadda Lubis, juga.

Usai rangkaian prosesi pernikahan dilewati, ada juga suasana mengharukan saat sungkeman atau minta doa restu dari orang tua oleh kedua mempelai. Terlihat, masing-masing pengantin dan orang tua tak kuasa menahan tangis, termasuk, Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap.

Terlebih, saat itu, pembawa acara, Fauzan Nasution mampu menggiring suasana haru biru itu. Dikisahkannya bagaimana orang tua bersusah payah membesarkan anak, diingatkan pula, tugas sebagai anak untuk terus berbakti terhadap orang tua. Tentu, ketika sudah menikah, orang tua pasangan juga harus dianggap seperti orang tua sendiri.

Begitulah suasana haru yang terasa saat itu, usai acara sungkeman, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan doa restu oleh undangan yang hadir. Pada acara ini, suasananya terasa sudah lain lagi, berubah jadi suasana kebahagiaan. Terlebih, musik yang mengiringi juga cukup mampu membuat suasana jadi ceria. Saat itu, musik yang menghibur langsung didatangkan dari Medan, yakni Grup Gambus Alfairus.

Prosesi akad nikah selesai, namun acara belum berakhir. Pada Hari Sabtu (4/4), masih ada acara adat lagi dan dilanjutkan pesta untuk umum pada Minggu (5/4). Akan ada yang berbeda pada acara di Hari Minggu, termasuk diantaranya hiburan yang menghadirkan artis nasional Ikke Nurjannah.

Pantauan Media di lokasi pesta pernikahan putri Bupati Palas ini, hilir mudik para undangan dari mulai rakyat biasa hingga pejabat negara terlihat hadir dan tak putusnya memenuhi ruang resepsi pernikahan itu. (MS)