DAFTAR BERITA

Sabtu, 07 Maret 2015

Polres Tapsel Amankan 150 Sak Pupuk Subsidi

Kapolres Tapsel AKBP Parluatan Siregar sedang menginterogasi sopir truk pembawa pupuk subsidi Jumat (6/3)
 
INFO TABAGSEL.com-Polres Tapanuli Selatan mengamankan 150 sak pupuk subsidi di Desa Aliaga, Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padanglawas, Jumat (6/3).

Petugas juga menyita truk colt diesel yang mengangkut pupuk itu serta mengamankan sopir beserta kondektur truk. Pupuk bersubsidi tersebut diamankan karena tidak dilengkapi dokumen resmi. Kapolres Tapsel AKBP Parluatan Siregar menuturkan, kedua truk yang mengangkut pupuk bersubsidi diamankan setelah mendapat informasi dari masyarakat.

Kemudian petugas Satreskrim Polres Tapsel dari unit ekonomi bersama aparat Polsek Sosa melakukan pengintaian. Tepat di Simpang Aliaga, petugas melihat truk colt diesel nopol BK 9177 EF yang mengangkut pupuk bersubsidi. Kemudian truk yang dikendarai Mulyono, 33, warga Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, dibantu kondektur A Tambunan, melintas menuju Desa Aliaga.

Selanjutnya, petugas menghentikan dan menggeledah truk itu. Karena itu, diketahui truk tersebut mengangkut pupuk bersubsidi tanpa dilengkapi surat-surat resmi. “Truk tersebut mengangkut pupuk bersubsidi tanpa dilengkapi dokumen resmi. Pupuk itu ternyata pupuk bersubsidi untuk petani Simalungun yang dijual ke luar daerah,” kata Parluatan Siregar.

Sementara dihadapkan petugas Satreskrim Polres Tapsel, sopir truk Mulyono, mengaku hanya ditugaskan mengantar pupuk dari Pematangsiantar ke Desa Aliaga, Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padanglawas, dengan ongkos angkut Rp3 juta.

“Truk ini milik warga marga Purba dan pupuk milik Budiono warga Pematangsiantar. Pupuk ini akan diberikan kepada tauke bermarga Saragih di Hutaraja Tinggi untuk dijual kepada petani Desa Aliaga. Saya pun baru kali ini membawa pupuk ke daerah ini,” katanya.

Terpisah, Subdit II/Industri dan Perdagangan (Indag) Polda Sumut juga menyita 7,5 ton pupuk subsidi jenis NPK yang akan dijual ke perkebunan di kawasan Labuhanbatu di Jalan Lintas Sumatera, Aek Kanopan.