DAFTAR BERITA

Jumat, 06 Maret 2015

Batu Akik Naga Asal Aceh Lebih Mahal daripada Akik Borneo

 
Batu akik motif naga asal Aceh (kanan) dan akik asal Borne (kiri)

INFO TABAGSEL.com-Lagi-lagi soal batu akik yang dijual dengan pasang harga fantastis. Kali ini batu akik berlambang naga milik warga Nagan Raya, Aceh, dibanderol dengan harga Rp 20 miliar.

Sebelumnya muncul di Langkat seharga Rp 1,8 miliyar dan batu akik motif harimau di Mandailing Natal, Sumatra Utara (Sumut) dijual Rp 1,5 miliar.

Menurut penuturan yang empunya batu, Darnuzi, batu cincin berlambang naga ditemukan di Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, kala sedang jalan-jalan sambil menikmati keindahan alam kawasan tempat wisata tersebut.

Dalam keadaan santai itu tiba-tiba terlihat satu batu bongkahan kecil berwarna hitam. Saat iseng dia mengambil batu memang tak terlihat ada motif naga. Namun, ketika digosok di tempat ahlinya, secara berlahan-lahan muncul lambang naga bertanduk sehinga terlihat jelas bewarna kuning.

Baru hitungan bulan menggunakan batu akik itu di jari manis tangan kanannya, sejumlah orang berminat untuk membelinya, namun belum ada kecocokan harga.

“Ada beberapa orang baru-baru sudah menawarkan batu cincin berlambang naga ini senilai Rp 3 miliar, tapi belum saya lepas,” kata Darnuzi kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Kamis (5/3) di Suka Makmue.

Menurut Darnuzi, batu akiknya itu akan dilepasnya dengan harga Rp 20 miliar, namun masih bisa nego lagi.

Sama Akik Motif Naga, Harga Berbeda

Tiap-tiap daerah di Nusantara mempunyai karakteristik batu akik. Meski memiliki motif sama, harga yang ditawarkan juga berbeda. Seperti halnya, batu akik motif naga asal Aceh yang ditawar oleh kolektor Rp 3miliar belum juga dilepas pemiliknya.

Akik motif naga borneo harganya jauh lebih murah daripada moti naga asal Aceh. Hanya, saja dari sisi warna dan kecerahan, akik naga Aceh lebih cerah. Harga yang ditawarkan Roid pemilik Akik Naga asal Borneo tidak lebih dari Rp 500 juta.

"Kalau dari komposisi warna dasar tidak berbeda sih, tapi motif naga yang asal Aceh memang lebih tegas dan jelas. Jadi wajar pemiliknya belum melepas dengan harga Rp3 miliar,"ujar Roid pemilik batu Akik Naga Borneo yang tinggal di Jalan Menteng XVII Palangka Raya, Kamis (5/3) malam. (mag-59/tur/jpnn)