DAFTAR BERITA

Sabtu, 21 Februari 2015

Kemlu Panggil Dubes Brasil

INFO TABAGSEL.com-Kementerian Luar Negeri Indonesia memanggil Duta Besar Brasil untuk Indonesia, sebagai protes penundaan penyerahaan surat kepercayaan Duta Besar Indonesia untuk Brasil.

Cara Brasil sangat tidak elegan dalam penundaan ini. Dubes Toto Riyanto sudah berada di Istana Kepresidenan untuk menyerahkan surat kepercayaan atau credential letter tersebut.

"Kemlu telah memanggil Duta Besar Brasil untuk Indonesia pada 20 Februari 2015, Pukul. 22.00, untuk menyampaikan protes keras terhadap tindakan tidak bersahabat tersebut sekaligus menyampaikan nota protes," tegas pihak Kemlu, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, Sabtu (21/2/2015).

"Pemerintah Indonesia juga telah memanggil pulang ke Jakarta Dubes RI designate untuk Brasil sampai jadwal baru penyerahan credentials dipastikan oleh Pemerintah Brasil," lanjut pihak Kemlu.

Namun keras dugaan bahwa hal ini terkait rencana eksekusi mati warga Brasil Rodrigo Gularte yang terlibat kasus penyelundupan narkoba. Sebelumnya warga Brasil lainnya Marco Archer Cardoso Moreira juga sudah dieksekusi mati Januari lalu.

Sebagai negara demokratis yang berdaulat dan memiliki sistem hukum yang mandiri serta tidak memihak, maka tidak ada negara asing atau pihak manapun dapat mencampuri penegakan hukum di Indonesia. Ini termasuk terkait dengan penegakan hukum untuk pemberantasan peredaran narkoba.