DAFTAR BERITA

Jumat, 23 Januari 2015

TrenSosial: Bambang Widjojanto ditangkap, tagar #SaveKPK mencuat di Twitter

INFO TABAGSEL.com-Berita penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto langsung memicu reaksi besar di media sosial.

Tanda pagar #SaveKPK sudah digunakan lebih dari 43.000 tweet dalam tiga jam terakhir dan menjadi topik paling terpopuler di Indonesia.

Selain itu tagar #SavePOLRIKPK, sebagai seruan untuk menyelamatkan dua instiusi tersebut juga banyak dipakai, dengan lebih dari 13.000 kicauan dalam 24 jam terakhir.

Kata kunci lain yang digunakan adalah Cicak vs Buaya, KPK vs POLRI, Penangkapan BW, serta #WhereAreYouJokowi, yang mempertanyakan mengapa presiden belum bereaksi terhadap polemik ini.

Polisi menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (23/01) pagi, atas dugaan rekayasa keterangan palsu saat menjadi pengacara dalam prakara Pemilukada 2010.

Sejumlah pengguna Twitter menduga penangkapan ini merupakan upaya pelemahan KPK, di tengah polemik pencalonan Kapolri.

Alissa Wahid, puteri pertama Gus Dur melalui akun @AlissaWahid mengatakan, "Semua orang di @KPK_RI bisa dijadikan sasaran tembak. Ingat, tujuannya adalah pelemahan KPK, agar para koruptor melenggang. #saveKPK"

Sementara sejarawan JJ Rizal mengatakan, "Suatu saat dalam sejarah kita kenal singa melawan banteng, lalu cicak vs buaya, kini cicak melawan banteng dan buaya."

Sebagian lain mengatakan hukum harus ditegakkan siapapun yang bersalah.

Jasimin Kurniawan lewat akun @jasiminku mengatakan, "Tidak ada yang kebal hukum di negeri ini siapapun yang melanggar hukum harus di tindak, apakah Anda di barisan saya #SAVEPOLRIKPK"