DAFTAR BERITA

Kamis, 15 Januari 2015

Basarnas prioritaskan evakuasi jasad



INFO TABAGSEL.com-Kepala Basarnas, Bambang Soelistyo, menegaskan bakal memprioritaskan pencarian dan evakuasi jasad di lokasi badan pesawat AirAsia QZ 8501.

Bambang mengatakan tim SAR gabungan telah mengerahkan sejumlah penyelam ke lokasi badan pesawat.

"Kita upayakan secara maksimal oleh penyelam-penyelam jago kita dari TNI AL, gabungan dengan BSG (Basarnas Special Group). Kemudian ada potensi penyelam kita dari Jakarta Divers Club."

Dengan ditemukannya badan utama pesawat, ia berharap tim SAR gabungan dapat menemukan korban lainnya. "Mungkin (mereka) berada di sekitar reruntuhan atau di bagian dalam pesawat," kata Bambang yang berada di Pangkalan Bun sejak Kamis (15/01) pagi.

Lebih jauh, mantan Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional ini menegaskan badan pesawat akan tetap diangkat.

"Saya berharap kita tidak lepas dari tujuan utama. Perkara nanti mengangkat badan pesawat kita tetapkan setelah upaya maksimal dari penyelam yang sejak jam 10 tadi melakukan penyelaman, sampai dengan tidak efektif untuk mencari dan evakuasi jenazah. Baru kemudian kita putuskan bagaimana kita mengangkat badan pesawat,” ujarnya.

Di lokasi pencarian, menurutnya, kekuatan tim gabungan hanya tersisa 10 kapal. Kapal-kapal asing pun telah berlayar ke luar perairan Indonesia, kecuali satu kapal asal Cina.

"Itu artinya saya ingin memenuhi harapan keluarga memperpanjang operasi, tapi supaya lebih efisien saya kurangi kekuatannya. Yang tidak boleh kurang adalah sistem alat untuk mencari itu. Kenapa? Karena mission area kita yang prioritas sudah semakin terfokus. Area yang lain itu hanya penyisiran dengan cara-cara visual."

Hingga saat ini 50 jenazah dari 162 korban pesawat AirAsia QZ 8501 sudah ditemukan. Diperkirakan sebagian besar jenazah berada di dalam bagian badan pesawat, sehingga penemuan lokasi badan pesawat penting dalam proses pencarian jenazah.