DAFTAR BERITA

Sabtu, 17 Januari 2015

Awal Februari, CPNS K2 Prajab

INFO TABAGSELcom-Sebanyak 314 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pengangkatan tenaga honorer kategori 2 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan mengikuti Pendidikan dan latihan (Diklat) Prajabatan awal Februari 2015 mendatang.

Dari 314 CPNS jalur kategori II tersebut, 160 peserta akan mengikuti diklat dari 1 hingga 7 Februari 2015 pada gelombang pertama. Sedangkan gelombang dua diikuti 154 CPNS dari 8 hingga 14 Februari 2015 di Gedung LPMP Medan.

"Prajabatan ini merupakan salah satu syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS. Baik itu golongan II maupun III," kata Malim, di ruang kerjanya, Kamis (15/1).

Malim menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan surat edaran pemberitahuan ke seluruh SKPD dan satuan kerja maupun bersangkutan yang berisi tentang rencana diklat prajabatan ini. Dengan dilakukannya prajabatan itu jelas sebagai syarat untuk pengangkatan CPNS menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kita berharap semua peserta dapat mengikutinya, karena diklat prajab sangat penting," jelasnya.

Sementara itu, sambungnya, untuk CPNS pengangkatan dari formasi umum pihaknya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan diklat prajabatan dikarenakan belum ada petunjuk teknis (juknis) dari pusat.

"Untuk diklat prajabatan formasi umum belum dapat kita pastikan, karena belum ada juknis dan arahan dari pusat," ungkapnya.

Malim berharap setelah mengikuti diklat itu mereka mampu melaksanakan tugas sebagai PNS, sedangkan untuk tujuan kurikuler khusus diharapkan mampu menunjukkan komitmen dan integritas moral serta tanggung jawab profesi sebagai PNS.

Selain itu, mampu mewujudkan disiplin dan etos kerja, menjelaskan pokok-pokok sistem penyelenggaraan pemerintahan NKRI, menjelaskan posisi, peran, tugas, fungsi dan kewenangan instansi asal peserta dan organisasi publik pada umumnya. (ong)