DAFTAR BERITA

Minggu, 07 Desember 2014

Sutias Raih Predikat Pertama Kategori Kerjasama dan Kemitraan



INFO TABAGSEL.com-Setelah mengikuti tahap seleksi mulai dari penyampaian program hingga pemaparan program kerja, Bunda Paud Sumatera Utara Hj SUtias Handayani Gatot Pujo Nugrogho akhirnya menjadi pemenang pertama  pada Apresiasi Bunda Paud Berprestasi Tahun 2014 Tingkat Nasionaluntuk  kategori kerjasama dan kemitraan.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pembinaan PAUD Dirjen PAUDNI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Erman Syamsudin kepada Sutias pada Jumat (5/12/2014) di Graha Wanabakti Yasa Dinas Dikpora, Yogyakarta. Bunda Paud Sumut Sutias Handayani Gatot  Pujo Nugroho dinilai berhasil merangkul dan bekerjasama dengan para mitra kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan anak didik khususnya pendidikan anak usia dini di Sumut.

Pada kesempatan itu Erman mengatakan Sumut mampu mengajak mitra bergabung untuk meningkat pendidikan anak usia dini."Seperti kita ketahui bahwa apresiasi ini diberikan agar Bunda Paud mulai dari Desa hingga Provinsi untuk termotivasi mendidik anak-anak Paud di daerah, maka tahun 2015 direncanakan pemberian apresiasi bunda paud juga akan diberikan kepada Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Desa se Indonesia,"jelasnya.

Sebagai pemenang 1 kategori kemitraan, Bunda Paud Sumut Sutias mengatakan peghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi pagi segenap pemangkubkepentingan untuk meningkatan program kerjasama dengan Mitra demi kualitas pendidikan anak dini yang semakin baik. Selain itu, menurut Sutias pihaknya juga akan fokus pada upaya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan mewujudkan Satu Desa Satu Paud untuk seluruh desa di Sumut.

Pada acara tersebut hadir juga Kadis Pendidikan Sumut Drs Masri M.Si mengatakan merasa bangga atas keberhasilan Bunda Paud Sumut untuk prestasi tersebut. "Saya bangga melihat Sumut yang mampu meraih prestasi bunda paud dengan mengandeng Mitra Kerja sehingga program-program PAUD dapat terselenggara baik,"ujar Masri yang saat itu  didampingi Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal dan Pendidikan Anak Usia Dini (PNFI dan PAUD) Hj Yulheni, MPd.

Selain memperlombakan kategori kerjasama dan kemitraan, Kementerian menyelenggarakan kategori lain yaitu Kategori Pencapaian Satu Desa Satu Paud  dan Angka Partisipasi Kasar dan BUnda Paud Terpavorit. Sementara  Lomba Kategori Satu Desa Satu Paud dimenangkan oleh Provinsi Bengkulu, sedangkan Kategori Angka Partisipasi Kasar diraih Provinsi Sulawesi Tenggara dan Bunda Paud Favorit Provinsi Lampung.

Acara pelombaan Apresiasi Bunda Paud Berprestasi Tahun 2014 ini digelar mulai tanggal 4 -6 Desember dan ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Bunda PAUD yang dianggap memiliki kinerja terbaik pada tahun 2014.

Permasalahan Paud yang masih sangat mendasar menurut Sutias adalah pemerataan akses maupun mutu. "Pemerintah terus berupaya untuk memberikan perhatian terhadap penyelenggaraan program Paud Sumut diantaranya dalam rangka peningkatan pemerataan akses layanan paud hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Sumut,"jelasnya

Saat ini Angka Partisipasi Kasar  paud usia 3-6 tahun di Sumut sebesar 63,01 persen atau secara nasional SUmut berada dalam urutan ke 11 . Menurut SUtias target Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam layanan Paud hingga tahun 2015 adalah mencapai APK Paud untuk kelompok anak 3-6 mencapai sebesar 84,76 persen. Pencapaian target tersebut harus didukung dengan kerjasama masyarakat untuk menyertakan anaknya khususnya usia 3-6 tahun ke satuan Paud yang ada juga segenap pemangku kepentingan yang ada.