DAFTAR BERITA

Sabtu, 06 Desember 2014

PPP yakin DPR terima Perppu Pilkada

INFO TABAGSEL.com-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meyakini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menerima Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pilkada.


Usai membuka kegiatan Pemantapan Peran dan Fungsi Anggota DPRD PPP Kabupaten/kota se-Sumut di Medan, Sabtu, Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengatakan keyakinan itu muncul setelah melihat konstelasi politik di DPR belakangan ini.

Dengan jumlah kursi parpol bergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) ditambah Fraksi Partai Demokrat, maka hampir dipastikan Pilkada Langsung dilaksanakan sesuai Perppu.

Meski secara khusus belum berkomunikasi dengan Demokrat, tetapi PPP yakin parpol yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meloloskan Perppu, apalagi yang menerbitkan Perppu itu adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjadi Presiden RI.

"Kita tahu persis yang menerbitkan Perppu ini adalah Pak SBY selaku Presiden RI saat itu," kata dia.

Mengenai pembalikkan sikap PPP, Romahurmuziy menyatakan hal itu bagian dari upaya memperjuangkan aspirasi rakyat.

Dia menyatakan PPP mengakui secara gentleman bahwa mereka memang salah satu parpol yang menjadi pengusul pertama agar Pilkada dikembalikan ke DPRD.

Namun, dalam perjalanan waktu sambil melihat perkembangan masyarakat, PPP menangkap denyut aspirasi rakyat yang menginginkan Pilkada Langsung dipertahankan.

"Jadi, ketika ditanyakan hari ini, kita pastikan PPP tetap mendukung Perppu Pilkada Langsung," katanya.

Romahurmuziy telah menginstruksikan seluruh anggota Fraksi PPP untuk melobi parpol-parpol yang memiliki pandangan menolak Pilkada langsung guna mengurungkan niatnya.