DAFTAR BERITA

Minggu, 21 Desember 2014

Istri Gubernur Sumut Raih Penghargaan dari Presiden



INFO TABAGSEL.com-Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial atau BK3S Sumatera Utara Hj Sutias Handayani yang juga istri Gubernur Gatot Pujo Nugroho mendapat penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo.

”Penyerahan penghargaan Presiden diberikan melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo pada puncak acara peringatan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) di Jambi Selatan, Provinsi Jambi, Sabtu (20/12),” kata Sutias sepulang dari Jambi di Medan, Minggu.

Penghargaan yang dinilai dari aktivitasnya sebagai Ketua BK3S Sumut dan dianggap berjasa atas upaya mendorong peningkatan kesejahteraan sosial di tengah masyarakat itu, menurut Sutias bukan hanya membanggakan, tetapi juga jadi pendorong dan tantangan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Satya Lencana Kebaktian Sosial memang merupakan penghargaan dari Presiden yang diberikan kepada warga negara yang mempunyai prestasi di bidang sosial dan kemanusiaan.

Diakui, melalui aktivitasnya di BK3S, dia aktif menumbuhkembangkan semangat kesetiakawanan dan gotong royong di tengah masyarakat.

Sutias yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sumut itu menggagas berbagai program yang melibatkan unsur Pemerintah, swasta dan masyarakat.

Salah satunya adalah melalui integrasi program Pemerintah dan “Corporate Social Responsibility” atau CSR perusahaan dan lainnya.

Program yang dilakukan misalnya melaksanakan perbaikan rumah tidak layak yang dihuni para lanjut usia di Medan.

”Dengan anggaran dari berbagai pihak yang berhasil digalang BK3S Sumut serta dibantu gotong royong warga sekitar, dewasa ini sudah puluhan warga lanjut usia dapat menikmati hunian yang layak,” katanya.

Di samping itu, Sutias juga aktif membantu pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung melalui penggalangan bantuan-bantuan dari berbagai pihak.

Agar para pengungsi dapat hidup lebih layak, Sutias bukan hanya menyerahkan bantuan dana dan keperluan harian warga, tetapi juga memotivasi korban bencana untuk bisa tetap berkarya dan semangat menjalani hidup di pengungsian.

Motivasi dan bantuan juga diberikan kepada penyandang disabilitas di Sumut khususnya anak-anak untuk tegar dan semangat dalam meraih cita-cita.

Dia menegaskan, adalah kewajiban bagi semua untuk saling membantu kepada sesama tanpa mengenal agama, suku dan golongan karena ajaran agama semunya menganjurkan untuk saling membantu.

”Penghargaan ini, membuat saya semakin tertantang berbuat lebih banyak untuk masyarakat,” katanya.

Mengutip pidato tertulis Presiden Joko Widodo yang dibacakan Menteri Indroyono dalam acara peringatan HKSN di Jambi itu, Sutias menyebutkan Presiden mengingatkan bahwa semangat KSN adalabh nilai yang maha agung.

Presiden menegaskan, hanya dengan semangat kesetiakawanan sosial, bangsa Indonesia dapat melakukan perjuangan dan meraih kemenangan. Setelah Jambi, HKSN 2015 direncanakan diselenggarakan di Nusa Tenggara Timur.