DAFTAR BERITA

Jumat, 28 November 2014

Dwi Soetjipto jadi Dirut Pertamina

 
Dirut Pertamina yang baru Dwi Soetjipto

INFO TABAGSEl.com- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno, mengangkat Dwi Soetjipto menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) untuk masa jabatan 2014--2019.

Rini Soemarno dalam konferensi pers usai acara pengangkatan petinggi PT Pertamina di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat mengatakan, penetapan Dwi Soetjipto karena merupakan sosok yang dinilai dapat mempercepat transformasi di Pertamina.

"Pak Dwi putra terbaik bangsa dengan pengalamannya mengendalikan sebuah korporasi yang diharapkan mampu membenahi Pertamina. Pak Dwi sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar mempercepat transformasi Pertamina untuk menjadi perusahaan kelas dunia, sistem transparan dari hulu hingga ke hilir," tegas Rini.

Selain menunjuk Dirut Pertamina, pemegang saham juga mengangkat tiga orang direktur baru Pertamina, yaitu Ahmad Bambang (internal), Yenni Andayani (internal), dan Arif Budiman (profesional dari McKinsey).

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pengangkatan Dwi karena yang bersangkutan merupakan pribadi yang matang, pemikir strategis.

"Mengelola Pertamina bukan tugas yang ringan, maka dibutuhkan sosok seperti Pak Dwi, untuk meruskan langkah pembenahan di perusahaan," ujar Sudirman.


Dwi Soetjipto sebelumnya menjabat sebagai Dirut Semen Indonesia

Dengan pengangkatan petinggi Pertamina tersebut, maka tujuh direksi Pertamina yang menjabat sebelumnya diberhentikan dengan hormat.