DAFTAR BERITA

Rabu, 19 November 2014

29 Kabupaten/Kota Ikuti Seminar Nasional HAI Ke-49 Tahun 2014


INFO TABAGSEL.com-Sebanyak 29 Kabupaten/Kota se-Sumut ikuti Seminar Nasional Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-49 Tingkat Provinsi Tahun 2014 di Kota Padangsidimpuan di Hotel Mega Permata, Jalan Imambonjol, Padangsidimpuan Rabu (19/11).
Peserta dari 29 Kabupaten/Kota se-Sumut ikuti acara Seminar Nasional Hari Aksara 
Internasional (HAI)  Ke- 49  Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2014 di Kota Padangsidimpuan  
di Hotel Mega Permata, Jalan Imambonjol Padangsidimpuan Rabu (19/11//2014).



Acara dikoordinir Dewan Pendidikan Kota Padangsidimpuan di bawah pimpinan Drs.M Jusar Nasutuion, Kabid PLS Disdik Padangsidimpuan Rustam Hasibuan dan Jajaran Disidik Daerah itu yakni Syamsu Rizal, dengan dua orang narasumber, satu orang pembanding utama dan masing-masing satu orang moderator dan notulis.
 

Kepala BPPAUDNI, Medan Drs.Irwan Safii Nasution, M.Pd, dengan judul makalah, Perpaduan Metode JIGSAW dengan SNOW BALLING Pada Pendidikan Keaksaraan Pemacu Pengentasan Buta Aksara, memaparkan bagaimana pemberantasan buta aksara atau sekarang disebut dengan pendidikan Keaksaraan adalah suatu program untuk melayani warga masyarakat tidak sekolah dan atau putus sekolah dasar sehingga belum memiliki kemampuan keaksaraan.
 

Disebutkannya pogram ini memiliki tujuan untuk memberdayakan warga belajar agar mampu membaca, menulis, berhitung dan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
 

Sementara Prof.Dr.Yusnadi,MS yang juga Dosen Unimed, memberikan materi Program Pendidikan Keaksaraan dan Kecakapan Hidup Untuk Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Pusat Pembelajaran Masyarakat ( sebuah refleksi). menguraikan education for sustainiblity developement (EfSD) sebagai paradigma baru dalam pembelajaran, digunakan untuk menghadapi tantangan dunia terus berkembang.
Lanjutnya untuk itu diperlukan pendidikan yang dapat merangsang pembangunan berkelanjutan, yaitu pendidikan untuk pembangunan bekerlanjutan (Education for Sustainiblity Development/EfSD).
 

Pembanding utama pada acara seminar Nasional HAI itu adalah Kepala Seksi Dinas Pendidikan Sumut, Drs.James Siagian,MM, dan moderator adalah Dra.Yuniar,M.Pd serta notulis Elyas Kosgoro Pinem, S.Sos.(Bal)