DAFTAR BERITA

Sabtu, 18 Oktober 2014

Pelantikan Presiden lebih murah ketimbang pelantikan bupati



INFO TABAGSEL.com-Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan mengungkapkan anggaran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia hanya Rp1 miliar sehingga lebih murah dibandingkan anggaran untuk pelantikan bupati sekalipun.

"Anggaran pelantikan Rp1 miliar, anggaran (kami keluarkan) sehemat mungkin," kata Zulkifli di Kantor Partai Nasdem, Jakarta, Sabtu.

Zulkifli mengatakan jumlah ini lebih kecil dibandingkan pelantikan bupati atau kepala daerah. Anggaran itu sudah termasuk rendah jika melihat 1.200 undangan yang akan hadir, termasuk 690 anggota MPR dan perwakilan negara-negara sahabat.

"Biaya Rp1 miliar dengan 1.200 undangan saya rasa tidak kecil namun juga tidak terlalu berlebihan," ujar Zulkifli, namun tidak merinci pos pengeluaran dari anggaran tersebut.

Pimpinan MPR sepekan sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih mengunjungi dan mengundang para tokoh nasional, tokoh agama, dan ketua umum partai politik, antara lain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Presiden terpilih Joko Widodo, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ketiga B.J Habibie, dan Ketua PBNU Said Aqil Sirodj.

Selanjutnnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Lalu, delapan kepala negara dan 10 pejabat setingkat menteri dari negara sahabat akan menghadiri pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Senin nanti itu.

Tidak ada komentar: