DAFTAR BERITA

Minggu, 12 Oktober 2014

7 Atlet Asian Games 2014 Incheon Hilang


INFO TABAGSEL.com-Hampir sepekan setelah Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan resmi ditutup, sejumlah atlet yang berlaga di ajang olahraga terbesar di Asia itu dilaporkan menghilang dan belum ditemukan. Laporan tersebut diterima oleh Polisi dari Komite Penyelenggara Asian Games 2014 belum lama ini.

Dilaporkan oleh Reuters pada Rabu (8/10) lalu, setidaknya sebanyak tujuh atlet dari negara dan cabang olahraga yang berbeda-beda dilaporkan menghilang sejak upacara penutupan yang dilakukan pada Sabtu (4/10) lalu.

Pihak kepolisian kini mengaku tengah sibuk menelusuri jejak para atlet tersebut sejak mereka menghilang dari perkampungan atlet yang terletak tak jauh dari Stadion Utama Incheon. Untuk itu, mereka pun bekerjasama dengan pihak imigrasi.

Hal ini dilakukan karena dugaan pertama adalah para atlet ini menghilang karena mereka ingin mencari kerja dan tinggal di suatu tempat di Korea Selatan. Padahal, visa para atlet tersebut hanya akan berlaku hingga 19 Oktober 2014 mendatang saja.

“Kami yakin atlet yang hilang ini pergi untuk mencari pekerjaan. Pasti ada kelompok semacam agen atau orang yang mereka kenal untuk membantu mereka mencari kerja di sini. Imigrasi sendiri saat ini sudah mengumpulkan data dan informasi mengenai para atlet dan kami akan terus mencarinya,” kata salah satu juru bicara kepolisian.

Sejauh ini, ketujuh atlet yang menghilang tersebut diketahui berasal dari Nepal tiga orang, dua orang dari Sri Lanka, dan dua atlet lainnya masing-masing berasal dari Bangladesh dan Palestina.

Hingga saat ini, polisi mengatakan jika nanti ketujuh atlet tersebut ditemukan setelah tanggal 19 Oktober 2014, maka mereka bisa terkena hukuman atau paling tidak langsung dipulangkan secara paksa ke negara mereka alias dideportasi.

“Sebelum Asian Games 2014 mulai, kami sudah melakukan berbagai persiapan dengan pihak imigrasi. Dan kami akan menyelesaikan permasalahan ini,” jelas kepolisian lagi.

Kasus seperti ini bukanlah pertama kalinya terjadi di Korea Selatan. Sebelumnya, pada tahun 2002 silam saat Asian Games digelar di Kota Busan, setidaknya sebanyak 16 orang atlet hilang setelah acara kompetisi selesai dan mereka ketahuan sedang mencari kerja di sana. Duh, ada-ada saja ya, Dreamers!

Tidak ada komentar: