DAFTAR BERITA

Sabtu, 30 Agustus 2014

Verifikasi Honorer K2 Oleh Inspektorat Palas Diduga Akal-Akalan Semata



INFO TABAGSEL.com-Inspektorat Daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) kembali memverifikasi tenaga honorer Kategori 2 yang lulus seleksi. Sebelumnya juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Palas sudah membentuk 2 Tim untuk memverifikasi honerer K2 yang lulus sebanyak 263 orang.

Dikalangan birokrasi mulai guru sampai esolon II, verifikasi yang dilakukan oleh Inpektorat mendapat tanggapan yang bermacam-macam. Antara lain, verifikasi yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Palas hanya akal-akalan, diduga hanya untuk menghabiskan anggaran.

“Itukan akal-akalan inspektorat, supaya keluar SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas,red), kita kan dulu juga ikut dalam tim,” ungkap sumber yang merupakan PNS esolon II Pemkab Palas.

Lanjut sumber, menilai verifikasi yang dilakukan oleh Inspektorat adalah modus untuk memeras honorer, kenyataannya banyak Honorer K2 yang diduga tidak memenuhi persyaratan. “Mungkinkah ada honorer K2 yang lulus, pada tahun 2005 masih duduk SMP. Kemudian jumlah honorer K2 yang betul-betul memenuhi persyaratan hanya kisaran 100 orang,” ungkap sumber.

Hasil konfirmasi dengan Kepala Inspektorat Daerah Palas, Alwinsar Hasibuan, Kamis (28/8), mengatakan bahwa verifikasi yang dilakukan Inspektorat adalah sesuai dengan amanah dari Bupati Palas.

Sebutnya, karena hasil verifikasi dan evaluai dari daerah yang diakui Kemenpan-RB adalah Inspektorat Daerah. Maka Inspektorat kembali melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap honorer K2 yang lulus seleksi.

Lanjutnya, verifikasi yang dilakukan oleh inspektorat akan berlangsung sampai bulan September. Dalam hal verifikasi tersebut, Kepala Inspektorat menyampaikan kepada jajarannya untuk tidak main-main dalam hal verifikasi dan evaluasi, apalagi sampai menerima uang. Sebelumnya, bulan juni lalu, Pemkab Palas sudah membentuk Tim untuk memverifikasi honorer K2 yang lulus seleksi.

Tidak ada komentar: