DAFTAR BERITA

Sabtu, 30 Agustus 2014

Longsor Ancam Jalan Lintas Pantai Barat Madina


INFO TABAGSEL.com-Musim hujan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyebabkan tebing di pinggiran jalan Lintas Pantai Barat
longsor. Kondisi ini menyebabkan antrian panjang kenderaan, baik yang datang dari arah kecamatan Natal maupun yang datang dari Panyabungan dan sebagian badan jalan tertutup akibat tertimbun longsor.
Demikian dikatakan Fendi Salah seorang sopir kepada wartawan, Kamis (28/8) setelah melewati lokasi longsor.

Katanya, dalam beberapa bulan terakhir musim penghujan ini sudah sering terjadi longsor namun di sejumlah titik lokasi, namun longsor tersebut tidak memakan waktu panjang, karena alat berat excavator selalu stanby di sepanjang jalan untuk mengantisipasi, bila terjadi longsor sehingga para pengendara baik truk dan roda dua dapat melintasi jalan meskipun menunggu dua jam.

Menurutnya, jika musim hujan seperti saat ini sudah dapat dipastikan akan terjadi longsor, karena tebing di sepanjang jalan lintas pantai barat ini tanahnya sangat labil sehingga sering mengalami longsor dan menyebabkan kemacetan.

"Saat ini ada pelebaran jalan dilakukan oleh Dinas Jalan dan jembatan Provinsi dengan melakukan pengikisan tebing untuk pelebaran jalan. Akibat pengikisan tebing yang dilakukan excavator tersebut sering mengalami longsor meskipun volumenya tidak besar dan kita khawatir bila hujan terus turun akan mengakibatkan longsor di sejumlah titik dan ini akan memperlambat tujuan kita selaku sopir truk," katanya.

Kaban Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Rispan Zuliardy ST, mengimbau seluruh pengendara truk dan angkutan umum lainnya agar berhati-hati melintasi jalan lintas Pantai barat, karena saat ini curah hujan tinggi dan dapat menyebabkan longsor di sepanjang jalan lintas Pantai barat.(Medanbisnisdaily)

Tidak ada komentar: