DAFTAR BERITA

Jumat, 27 Juni 2014

Kemenag Adakan Sidang Itsbat Tentukan Awal Ramadan


INFO TABAGSEL.com-Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali menggelar sidang itsbat untuk penentuan hari pertama bulan puasa. Sidang itsbat rencananya akan dilaksanakan sore nanti di Kantor Kemenag pada pukul 16.00 WIB.

Dikutip dari website Kemenag, Jumat (27/6/2014), sidang itsbat awal Ramadan 1435 H yang digelar pada akan dilakukan dalam tiga sesi di tiga tempat (ruangan) yang berbeda di Gedung Kementerian Agama.

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Zubaidi, mengatakan, pertemuan yang mengundang seluruh perwakilan ormas Islam ini akan diawali dengan sessi pra sidang itsbat yang dijadwalkan berlangsung dari jam 16.00 – 17.45 WIB.

Sesi kedua adalah pelaporan dan pembahasan hasil rukyatul hilal yang rencananya akan dimulai dari jam 18.30-19.30 WIB. Dikatakan Zubaidi, selepas Magrib berjamaah, sidang itsbat dilakukan dengan mendengarkan laporan hasil rukyatul hilal dari para anggota Tim Hisab-Rukyat Kementerian Agama yang melakukan pemantauan hilal di berbagai titik lokasi pengamatan dari seluruh Indonesia.

Setelah mendengarkan laporan, lanjut Zubaidi, sidang dilanjutkan dengan pembahasan hasil rukyatul hilal untuk mengambil keputusan.

Zubaidi menjelaskan bahwa pembahasan dalam proses sidang menyangkut hal yang sangat teknis terkait penentuan awal bulan, ilmu perbintangan, dan teknis hisab-rukyat yang belum tentu bisa dipahami secara mudah oleh masyarakat, apalagi jika tidak mengikutinya secara utuh. Hal itu dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

Tidak ada komentar: