INFO TABAGSEL.comKetua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berpesan kepada calon presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tetap menjalankan tugas sebagai anggota partai.

"Saya bilang Pak Jokowi, inget sampeyan dijadikan calon presiden tapi jangan lupa, jangan inget capresnya saja, tapi Anda adalah petugas partai yang harus menjalankan apa yang ditugaskan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," katanya di Jakarta, Rabu, saat pendeklarasian dukungan Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pencalonan Jokowi sebagai presiden.

"Banyak orang sepertinya ingin memilah. Sekarang kan sudah ada Pak Jokowi, perannya ada pada Beliau, nah jadi mestinya kita deket-deket sama Beliau. Monggo. Tidak jadi soal. Karena saya sangat tahu hari-hari seperti ini mereka yang akan bermain di tikungan itu banyak sekali," katanya dalam acara pendeklarasian yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta nasional.

Dia juga mengatakan bahwa PDIP ingin tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai partai politik yang masih mempunyai etika, yang tidak mengumpulkan sebanyak mungkin dukungan supaya bisa melakukan apapun yang dikehendaki.

Megawati juga menegaskan bahwa partainya tidak membentuk koalisi, tapi bekerja sama, dengan partai lain.

"Sebelum yang namanya sistem presidensial ini, di republik ini ditiadakan, dan berganti sistem maka dengan konsisten saya akan selalu mengatakan kalau sistemnya adalah sistem presidensial maka tidak ada yang namanya koalisi dan oposisi, adanya kerja sama dan tidak ada di pemerintahan," katanya.

"Kalau tidak percaya omongan saya, tolong baca di dalam konstitusi Republik Indonesia," tambah dia.

Saat menyampaikan sambutan pada pendeklarasian dukungan terhadap pencalonannya sebagai presiden, Jokowi mengatakan bahwa PDIP membangun kerja sama dengan PKB dan Partai NasDem bukan berdasarkan pembagian kekuasaan.

"Saya tanyakan apakah Bapak akan menyampaikan cawapres, Beliau mengatakan tidak. Apakah Bapak akan mengajukan menteri atau sejumlah menteri, tidak," kata Jokowi tentang pertemuannya dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Kerja sama yang dijalin dengan PKB pun, menurut dia, dilakukan berdasarkan kesamaan kerangka tujuan partai.

"Kita bisa mempraktikkan bahwa kerja sama tanpa syarat itu ada," kata Jokowi, yang menutup pidatonya dengan teriakan "Merdeka!"