DAFTAR BERITA

Minggu, 11 Mei 2014

Penyanyi waria Austria raih juara Eropa

Conchita Wurst


INFO TABAGSEL.com- Penyanyi waria yang memelihara kumis dan janggut asal Austria, Conchita Wurst, terpilih sebagai penyanyi terbaik pada kontes musik antar negara Eropa, Eurovision.

Usai diumumkan sebagai pemenang, Conchita Wurst -yang memiliki nama asli Tom Neuwirth- mengatakan, dia mempersembahkan kemenangannya ini kepada orang-orang yang selama ini mengalami diskriminasi.


 

Dalam keterangan pers, dia juga mengirimkan pesan kemenangan ini untuk Presiden Rusia Vladimir Putin, yang disebutnya  telah melakukan diskriminasi dan melarang hak-hak kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender.

Dengan membawakan lagu berjudul Rise Like a Phoenix, Conchita Wurst meraih nilai 290.

Penyanyi Austria ini mengalahkan penyanyi Belanda yang menempati posisi kedua dengan nilai 238, disusul penyanyi Swedia di tempat ketiga dengan total poin 218.

Kemenangan Conchita ini cukup mengejutkan karena ini adalah kemenangan pertama Austria semenjak kontes ini digelar pada tahun 1966.
Krisis Ukraina dan artis Rusia

Dalam sepuluh tahun terakhir, Austria juga baru dua kali lolos ke tahap final, karena selalu gagal di tingkat awal.

Acara kontes lagu antar negara Eropa yang digelar di Kopenhagen, Denmark ini dibayangi krisis politik di Ukraina, yang sempat diwarnai aksi protes dari penonton terhadap penyanyi perwakilan Rusia, The Tolmachevy Sisters.



Conchita Wurst, yang mewakili Austria, mengalahkan pesaing terdekat yaitu Belanda.

Ketika mereka tampil di semifinal, sebagian dari sekitar 10.000 penonton menyoraki, yang tampaknya antara lain terkait dengan krisis politik di Ukraina.

Kontes lagu Eropa ini menampilkan aneka lagu pop dan balada disertai dengan aksi panggung yang spektakuler.

Tidak ada komentar: