DAFTAR BERITA

Selasa, 20 Mei 2014

Pendaftaran Capres Ditutup, Nomor Urut Diundi 1 Juni

INFO TABAGSEL.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup pendaftaran capres dan cawapres 2014 tepat pukul 18.00 WIB, Selasa (20/5).

Ini artinya pilpres hanya diikuti oleh dua pasang capres dan cawapres yakni Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta.

Menurut Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah, masih ada serangkaian tahapan-tahapan yang harus dilalui pasangan capres dan cawapres di KPU.

Pertama adalah proses verifikasi berkas yang telah diserahkan kepada KPU oleh masing-masing pasangan.

Tahap kedua, pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat). Dimana pasangan Jokowi-JK dijadwalkan pada tanggal 22 Mei 2014, dan pasangan Prabowo-Hatta pada tanggal 23 Mei 2014.

Setelah tes kesehatan, jelas Ferry, pada tanggal 24 Mei akan diinformasikan hasil dari verifikasi berkas atau dokumen dari masing-masing pasangan. Kemudian akan dilakukan perbaikan dokumen hingga tanggal 26 Mei 2014.

"Jadi Insyaallah apabila sudah fix proses verifiksi ini, pada tanggal 31 Mei itu akan kita tetapkan pasangan calon untuk presiden dan wakil presiden," tandas Ferry.

Sementara untuk pengambilan nomor urut akan dilakukan pada tanggal 1 Juni 2014. Setelah itu, pasangan capres cawapres sudah boleh berkampanye dari tanggal 4 Juni-5 Juli 2014. "Itu sudah boleh aktivitas kampanye. Jadi masing-masing pasangan calon itu sudah boleh," demikian Ferry.

Tidak ada komentar: