DAFTAR BERITA

Minggu, 23 Februari 2014

Mahfud Md Anggap Pemerintahan SBY Gagal



INFO TABAGSEL.com-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. menilai pemerintah gagal mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sebab dengan predikat sebagai negara dengan perekonomian terbesar ke-16 di dunia, nyatanya jutaan rakyat Indonesia hidup dalam kemiskinan.

Dia mengaku heran masih ada orang miskin di Indonesia. Padahal banyak negara memuji Indonesia sebagai negara kaya. "Tapi masih banyak orang miskin di Indonesia," katanya saat menjadi pembicara dalam Dialog Ulama dan Umara, Mencari Paradigama Baru Tata Kelola Migas di Indonesia yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah, Ahad, 23 Februari 2014.

Mahfud mengatakan data Badan Pusat Statistik menunjukkan jumlah orang miskin di Indonesia sebanyak 28,5 juta orang. Standar yang digunakan adalah mereka yang berpenghasilan di bawah Rp 250 ribu per bulan. Sedangkan standar Bank Dunia adalah mereka yang berpenghasilan di bawah Rp 650 ribu per bulan termasuk warga miskin. "Jika pakai standar Bank Dunia, jumlah orang miskin di Indonesia ada 108 juta orang," ujarnya.


Kekayaan Indonesia dinilai tak dinikmati seluruh rakyat. Ada ketidakadilan dalam pemerataan kesejahteraan. "Hanya 1 persen penduduk yang menguasai 70 persen perputaran uang. Mereka menguasai 40 persen aset," ucapnya.


Calon presiden yang berniat maju dari Partai Kebangkitan Bangsa ini menilai pemerintah gagal mewujudkan kesejahteraan bagi warganya. Sebab tidak ada keadilan dalam menikmati kesejahteraan. "Kesejahteraan hanya berkumpul di kalangan atas," katanya.

Tidak ada komentar: