INFO TABAGSEL.com-Putri almarhum Abdurrahman Wahid, Yenny Zanuba Wahid, semasa hidupnya presiden keempat Indonesia ini memiliki prinsip hidup harus dijalani dengan penuh keikhlasan.

"Bagi Gus Dur, hidup itu harus ikhlas. Sebab, begitu kita bisa ikhlas hidup akan menjadi lebih enteng," katanya saat memberikan sambutan dalam Haul Keempat Gus Dur, di Pondok Pesantren Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu malam (28/12).

Haul adalah peringatan hari wafat seseorang yang diadakan setahun sekali (biasanya disertai doa untuk arwah yang bersangkutan).

Keikhlasan menjadi tema besar dalam acara yang memperingati empat tahun kepergian Gus Dur itu.

Menurut Yenny, keikhlasan juga dapat menjadi jawaban atas berbagai masalah yang dihadapi bangsa saat ini, termasuk maraknya praktik korupsi.

"Yang terjadi di Indonesia sekarang tidak mencerminkan keikhlasan, justru ketamakan dan berbagai sifat individualistis yang merebak, misalnya dalam bentuk korupsi," katanya.

Direktur Wahid Institute itu mengimbau agar seluruh masyarakat menggali kembali nilai-nilai luhur yang ditinggalkan Gus Dur, termasuk keikhlasan.

"Keikhlasan harus dibangkitkan menjadi penopang bangsa ke depan. Yang utama kepentingan pribadi dan golongan harus disingkirkan," katanya.

Di sisi lain, Yenny juga sempat menyampaikan harapannya tentang 2014, yang disebutnya sebagai tahun transisi kepemimpinan.

"Transisi harus berjalan dengan baik, mengantarkan pemimpin baru yang memang ditunggu-tunggu masyarakat," katanya. Acara haul keempat Gus Dur bertema Membangun Keikhlasan Bangsa.