DAFTAR BERITA

Rabu, 23 Oktober 2013

Bupati Palas,Ali Sutan Harahap Dilaporkan ke KPK Terkit APBD

INFO TABAGSEL.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk turun mengusut kasus dugaan korupsi dan penyelewengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Padang Lawas.

"Kami sudah melaporkan dugaan penyelewengan dana APBD senilai Rp 28 miliar," ujar ketua LSM Perintis, Nudirman Sakti di KPK, Rabu (23/10/2013).

Dalam laporan yang diserahkan ke KPK itu, Nudirman menyertakan sejumlah bukti kuat adanya penyelewengan yang diduga dilakukan oleh Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap beserta jajaranya.

"Diantaranya laporan audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tanggal 28 Juni 2013 lalu soal kejanggalan di beberapa dinas pemerintahan Kabupaten Padang," ungkapnya

Nudirman menjelaskan modus yang diduga dilakukan Bupati Ali Sutan Harahap adalah dengan menyelewengkan dana anggaran dibeberapa dinas-dinas yang dekat dengannya. Diantaranya adalah Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Bencana yang mengalami defisit anggaran mencapai Rp5,5 miliar.

"Juga ada Program Kerja Peningkatan Kesejahteraan Guru yang alokasinya tidak tepat sasaran sehingga merugikan kas negara hingga Rp5,9 miliar," terangnya.

Nudirman menduga, dana penyelewengan dari beberapa dinas dan instansi dipemerintahan Padang Lawas ini akan digunakan untuk modal kampanye Bupati Ali Sutan Harahap untuk Pilkada 2014 mendatang.

Sementara itu kuasa hukum perintis Haryo Budi Wibowo mengaku KPK merespon positif laporannya."Mereka juga berjanji akan melakukan langkah-langkah sesuai mekanisme yang ada," kata Haryo yang ikut mendampingi.

Untuk itu, Perintis berharap kasus ini bisa segera ditindaklanjuti dan KPK bisa segera memeriksa Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap karena dianggap bertanggungjawab atas sejumlah penyelewengan ini.


 Hingga berita ini dibuat, INFO TABAGSEL.com belum mengkonfirmasi ke pihak Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap.

Tidak ada komentar: