DAFTAR BERITA

Senin, 02 September 2013

Presiden SBY Meletakkan Karangan Bunga di Monumen Perjuangan Rakyat Kazakhstan

INFO TABAGSEL.com-Matahari cerah di langit Astana, Kazakhstan, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono meletakan karangan bunga di Monumen Defenders of Motherland, Senin (2/9) pukul 10.00 waktu setempat atau 11.00 WIB. Saat meletakkan karangan bunga, Presiden SBY dan Ibu Ani didampingi Wakil Walikota Astana Yersayin Nagaspayev.

Seusai meletakkan karangan bunga, dikumdangkan lagu kebangsaan kedua negara, Indonesia Raya dan Menin QazaqstanÄħmtelah. Seusai rangkaian upacara tersebut, Presiden SBY dan Ibu Ani menanam pohon pinus di area Alley of Head of States. .

Monumen Defenders of Motherland atau Otan Korgaushylar dalam bahasa Kazakh secara resmi dibuka pada 9 Mei 2001. Terdapat dua dinding yang hampir membentuk setengah lingkaran dengan relif perjuangan rakyat Kazakh. Di tengah monumen, terdapat tiang tinggi dengan figur perempuan yang sedang membawa sebuah mangkok. Monumen setinggi 24 meter dan terbuat dari 63 ton perunggu ini menggambarkan pengorbanan rakyat Kazakh dalaam melawan kaum Jungar dalam Great Patriotic War.

Mendampingi Presiden dalam kegiatan ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, dan Mendikbud Muhammad Nuh. Turut pula tiga anggota DPR dan DPD.

Pukul 15.00 waktu setempat nanti, atau pukul 16.00 di Jakarta, Presiden SBY akan melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Nusrsultan Nazarbayev di Istana Kepresidenan Ak-Orda.

Tidak ada komentar: