DAFTAR BERITA

Kamis, 18 Juli 2013

Oknum Brimob Bandar Narkoba diburu Polres Kota Padangsidimpuan


INFO TABAGSEL.com-Oknum Brimob Detasemen C Poldasu Brigadir F Ritonga sedang diburu Polres Kota Padangsidimpuan (Psp). Oknum Brimob ini terindikasi sebagai bandar sabu dari pengakuan pengedar sabu Z Pulungan, BS Dalimunthe, dan M Nasution, yang ditangkap beberapa hari lalu.

Kasat Narkoba AKP Timbul Sihombing, kepada METRO, Rabu (17/7), menegaskan, keenam pelaku yang diamankan, sudah ditahan di ruangan tahanan sementara Polres.

Keenamnya telah ditetapkan sebagai tersangka pengedar narkoba. Mereka adalah S Rangkuti (38), AI Boru Rambe (28), Bripka MI Harahap (48), Z Pulungan (27), BS Dalimunthe (30), dan M Nasution (33).

Dari pengembangan ketiga tersangka; Z Pulungan, BS, dan M Nasution, petugas mendapatkan sebanyak 131 Gram sabu-sabu dari sebuah rumah toko (ruko) di daerah Manunggang, Psp, yang diketahui milik Brigadir F Ritonga, seorang personil Brimob Detasemen C Maragordong Tapsel. Namun, saat penggeledahan, pemilk rumah diduga sudah melarikan diri.

“Untuk ketiga tersangka Z, BS dan M, adalah kaki tangannya F Ritonga yang rumahnya kita geledah. Berdasarkan pengakuan ketiga orang tersebutlah maka kita melakukan pemeriksaan dan penggeledahan.

Hasilnya juga tidak sia-sia, kurang lebih sebanyak 131 gram sabu-sabu yang sudah dikemas ke dalam plastik-plastik putih transparan. Mereka mengaku, mendapatkan barang tersebut dari F Ritonga. Selanjutnya, dijual kembali,” terang Kasat.

“Hasil pemeriksaan kita yang terakhir juga didapatkan keterangan dari tersangka lainnya, MI Harahap, bahwa ia juga mendapatkan sabu berasal dari F Ritonga. Sampai saat ini, kami masih terus melakukan penyelidikan dan pengembangan.

Sedangkan F masih dalam pengejaran,” ujar Kasat. Sementara itu Kapolres Kota Psp AKBP Budi Hariyanto, meminta kepada masyarakat agar lebih kooperatif dengan kepolisian untuk bekerja sama dalam pemberantasan masalah narkoba.

“Jadi sudah kita buktikan, bahwa Polres Psp tidak bersifat pilih kasih atau pandang bulu untuk masalah pemberantasan narkotika. Semuanya kita sikat. Saya harapakan juga dukungan dari semua lapisan masyarakat, pemerintah, alim ulama, dan yang lainnya untuk bersama-sama menciptakan Psp bebas dari masalah Narkotika,” tegas Kapolres.

Belum Melapor ke Komando
Di tempat terpisah, Kaden C Brimob Poldasu AKBP Antoni Surbakti SH ketika dikonfirmasi METRO melalui telepon seluler, mengaku yang bersangkutan (Brigadir F Ritonga) sampai saat ini belum melapor ke komando. Menurutnya, yang bersangkutan sedang mengantarkan istri ke Bengkulu.

Namun Antony tidak menjelaskan secara rinci. “Yang bersangkutan belum datang , masih mengantar istrinya ke Bengkulu. Jadi kita tunggu dulu yang bersangkutan datang agar kita periksa lebih lanjut, biar jelas duduk perkaranya seperti apa,” jawabnya melalui SMS. (mag-01)

Tidak ada komentar: