DAFTAR BERITA

Jumat, 28 Juni 2013

Pendaftaran 1-13 Juli 2013, IPDN Terima 2.000 Praja



INFO TABAGSEL.com-Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ikut mengawasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS ) Calon Praja IDPN Kementerian Dalam Negeri pada Tahun Ajaran 2013/2014.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraeni mengatakan, keterlibatan KPK ini akan dijadikan model (role model) bagi Penerimaan Mahasiswa Pendidikan Tinggi Kedinasan pada Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya, termasuk bagi Akademi Kepolisian (Akpol) dan bagi Tes CPNS di Kejaksaan dan Calon Hakim.

“ Selain itu, KPK akan menjadikan Kampus IPDN Pusat dan 7 (tujuh) Kampus IPDN Daerah sebagai pilot project Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) yang nantinya dapat dijadikan contoh bagi Perguruan Tinggi Kedinasan Lainnya,” ujar Diah Anggraeni menjelaskan Rapat Koordinasi dalam rangka Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Sekretaris Daerah Provinsi dan para Kepala BKD Provinsi seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (25/6) lalu.

Diah Anggraeni menjelaskan, KPK juga menyarankan agar dalam Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014, terdapat tes tersendiri atau diintegrasikan dengan tes lainnya, terkait dengan materi Tes Integritas dan Kejujuran.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri antara lain Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan yang diwakili oleh Direktur Bidang Pengaduan Masyarakat Eko Marjono, Sekretaris Utama Kementerian PAN – RB Tasdik Kinanto, Sekretaris Utama BKN Edu Sujitno, dan Kepala Badan Diklat Kemendagri Ir. Tarmizi A. Karim, M.Sc.


Terima 2.000 Praja 
Menurut Diah Anggraeni, Kementerian Dalam Negeri  pada Tahun Ajaran 2013/2014 ini membuka kesempatan bagi putera/puteri Warga Negara Republik Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan mengikuti Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (Diploma IV) pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
Sekjen menambahkan berdasarkan Surat Menteri PAN dan RB Nomor: B/1975/M.PAN-RB/6/2013, Tanggal 5 Juni 2013, Formasi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 telah disetujui sebanyak 2.000 Praja.

Pendaftaran dapat dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, dan waktu pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2013 -  13 Juli 2013. Informasi pendaftaran Seleksi Calon Praja IPDN tahun 2013/2014 sudah dapat dilihat di website www.kemendagri.go.id .

Tahapan dalam Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:

1). Seleksi Administrasi, dilakukan oleh Kabupaten/Kota yang dikoordinasikan oleh Pemerintah Provinsi;
2). Tes Kompetensi Dasar (TKD), dikoordinasikan oleh Kementerian PAN - RB dan BKN;
3). Tes Kesehatan, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, dapat bekerjasama dengan RSUD/RS TNI/RS Polri;
4). Tes Kesamaptaan/Jasmani, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, dapat bekerjasama dengan Jasdam/Jasmil atau Jas Polda;
5). Tes Psikologi dengan penambahan sub item seleksi berupa Tes Integritas dan Kejujuran, dilakukan oleh Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk Tes Integritas dan Kejujuran;
6). Cek Ulang Kesehatan, dilakukan oleh Kesdam III Siliwangi, di Kampus IPDN Jatinangor;
7). Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani, dilakukan oleh Jas Polda Jawa Barat, di Kampus IPDN Jatinangor; dan
8). Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir), dilakukan oleh para Pejabat Eselon I Kemendagri, Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, Pimpinan IPDN, Dosen IPDN terpilih dan Para Pejabat Eselon II terkait.
Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) CPNS Calon Praja IPDN, disiapkan oleh Kementerian PAN dan RB dan BKN bersama 10 Konsorsium Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU); dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Sekretaris Jenderal Kemendagri dan KPK menegaskan bahwa, guna mewujudkan seleksi yang netral, obyektif, terbuka dan transparan, maka setiap tahapan dalam Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014, dibawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi. (Kemendagri/WID/ES)

Tidak ada komentar: