DAFTAR BERITA

Rabu, 01 Mei 2013

Presiden : 1 Mei Menjadi Hari Libur

INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memenuhi janjinya untuk bertemu dengan para buruh pada saat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei. Hari ini, Presiden SBY didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II bertemu dan berdialog dengan sekitar 1.000 pekerja PT Maspion Group, di Desa Sawotaratap, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jatim.

Dalam acara yang dihadiri oleh manajemen perusahaan PT Maspion Group dan Gubernur Jatim Soekarwo itu, Presiden menyampaikan keputusan pemerintah untuk menjadikan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei sebagai Hari Libur.

“Sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Republik Indonesia, saya menyatakan tanggal 1 Mei sebagai Hari Libur, agar para pekerja bisa menikmati hari itu bersama keluarganya,” kata SBY.

Penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur itu, menurut Presiden, diambil atas dasar sejumlah pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak.

Presiden mengatakan bahwa dari sepuluh negara ASEAN sudah delapan negara yang menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Libur, tinggal Indonesia dan Brunai Darussalam. Kini dengan, mulai tahun 2014, Indonesia juga menjadikan Hari Buruh pada 1 Mei sebagai Hari Libur.

Dalam kesempatan itu kepada para pekerja, Presiden SBY menyampaikan salam untuk keluarga mereka, dengan iringan dia semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Bermanfaat Bagi Negara

Sebelumnya, Presiden SBY melakukan peninjauan di areal produksi PT Maspion antara lain produksi alumunium dan produksi teflon didampingi oleh pemilik PT Maspion Alim Markus, dan sejumlah menteri antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menperin MS Hidayat, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menkop UKM Syarifudin Hasan, Menparekraf Mari Elka Pangestu, sejumlah pimpinan serikat pekerja dari Jakarta dan Jatim, dan Gubernur Jatim Soekarwo.

Kepada Maspion, Presiden menyatakan bangga dan menyampaikan terima kasih sebagai perusahaan yang besar, yang telah menciptakan lapangan pekerjaan dan membayar pajak. Pajak tersebut, menurut Presiden, sangat bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Kepada Maspion, Presiden berpesan untuk terus membangun dan mengembangkan perusahaan dengan baik, dengan menjalin hubungan dengan pekerjanya secara baik pula.

Presiden menegaskan bahwa perusahaan yang tumbuh baik, terutama akan memberi manfaat bagi para pekerjanya, perusahaan itu sendiri, dan bagi negara.

Seusai dari PT Maspion Group, Presiden SBY dan rombongan melanjutkan perjalanan ke PT Unilever yang berlokasi di Rungkut Industri, Surabaya, guna melakukan dialog dengan pekerja pada perusahaan tersebut.

Doakan Buruh Sejahtera

Sementara itu melalui akun twitternya @SBYudhoyono, Presiden SBY menyampaikan ucapan Selamat Hari Buruh kepada para pekerja Indonesia. “Semoga buruh semakin sejahtera,” tulis SBY.

Selaku Kepala Negara, SBY mendoakan semoga buruh semakin sejahtera.

Terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan itu, dua hari lalu, Presiden SBY telah bertemu dan berdialog dengan para pimpinan Serikat Pekerja, dan sekarang pun berkunjung ke Surabaya untuk bertemu para buruh dan manajemen di dua perusahaan.

Tidak ada komentar: