DAFTAR BERITA

Kamis, 14 Maret 2013

Parlemen Cina Pilih Xi Jinping Sebagai Presiden

INFO TABAGSEL.com-Parlemen Cina telah memilih Sekretaris Jenderal Partai Komunis Xi Jinping sebagai presiden baru Cina, mengantarkan kepemimpinan baru negara itu selama 10 tahun ke depan.

Lebih dari 2.900 delegasi Kongres Nasional Rakyat Cina melakukan pertemuan di Balai Agung Rakyat di Beijing hari ini untuk memilih orang-orang yang akan menempati sejumlah jabatan penting pemerintahan.

Xi Jinping meraih dukungan 2.952 suara atau 99,9 persen, dengan hanya satu suara tidak memilihnya dan tiga suara abstain.

Xi kini menjadi pemimpin partai, negara dan militer. Setelah Xi diumumkan sebagai presiden yang baru, ia berdiri dan membungkukkan badannya di hadapan para delegasi lalu berjabat tangan dengan presiden sebelumnya Hu Jintao.

Delegasi yang hadir juga menunjuk Li Yuanchao, anggota Politbiro Partai Komunis sebagai wakil presiden, meskipun ia tidak terpilih dalam jajaran kepemimpinan partai pada konvensi bulan November tahun lalu.

Para delegasi juga menyetujui rencana restrukturisasi pemerintah untuk memperkuat badan Administrasi Kelautan Negara yang menangani pengawasan maritim dan patroli di sekitar kepulauan yang dipersengketakan di Laut Cina Timur. Jepang menguasai Kepulauan Senkaku itu yang juga diakui oleh Cina dan Taiwan sebagai wilayah mereka.

Besok, Kongres Nasional Rakyat Cina diperkirakan akan memilih orang nomor dua Partai Komunis, Li Keqiang, sebagai perdana menteri. Sementara wakil perdana menteri dan jajaran kabinet akan ditentukan pada hari Sabtu.

Tidak ada komentar: