DAFTAR BERITA

Rabu, 27 Februari 2013

Wapres Kunjungi Presiden Korsel yang Baru

Wakil Presiden Boediono bersalaman dengan
Presiden Republik Korea Park Geun-Hye (Foto : Muhklis)

INFO TABAGSEL.com-Menjelang kembali ke tanah air, Selasa 26 Februari 2013, Wakil Presiden (Wapres) Boediono melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Korea Selatan yang baru dilantik,Park Geun-Hye di Istana Kepresidenan Cheong Wa Dae yang indah. Pertemuan itu berlangsung dalam suasana akrab dan hangat di lantai dua istana, yang juga terkenal dengan sebutan The Blue House itu.

Mengawali pembicaraan, Presiden Park mengapresiasi kehadiran Wapres sekaligus menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Wapres, yang berulang tahun ke-70 pada 25 Februari 2013.


 “Sangat senang mengetahui Bapak berulang tahun bersamaan dengan hari pelantikan saya,” tutur Presiden Park.

Kepada Presiden Park, Wapres Boediono menyampaikan salam hangat dan ucapan selamat dari Presiden Susilo Bambang udhoyono serta seluruh rakyat Indonesia atas pelantikan Presiden Park sebagai Presiden Korea Selatan. 


“Saya yakin hubungan kedua negara akan meningkat lebih erat karena kedua negara dapat saling melengkapi kebutuhan masing-masing. Korea Selatan memiliki apa yang tidak dipunyai Indonesia dan sebaliknya,” tutur Wapres.

Presiden Park sangat sepakat dengan pandangan Wapres. Sudah banyak pula contoh konkret persahabatan yang terwujud. Misalnya, “Saya senang pada akhir tahun ini Posco dan Krakatau Steel akan menyelesaikan pembangunan pabrik mereka. Saya sangat setuju dengan Bapak Wapres, Indonesia dan Korea harus saling mendukung. Saya berharap dalam empat tahun mendatang, akan ada banyak lagi hasil yang bisa kita capai,” tutur Presiden Park.

Pada kesempatan itu pula Wapres Boediono menyampaikan undangan kepada Presiden Park untuk hadir pada pertemuan negara-negara anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali, Oktober mendatang. “Saya sangat senang jika dapat hadir dalam pertemuan APEC nanti. Apalagi konferensi itu berlangsung di Bali yang indah. Saya akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk semakin meningkatkan hubungan kedua negara, tutur Presiden Park.

Turut mendampingi Wapres dalam pertemuan itu: Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Wakil Menteri Luar Negeri Wardana, Duta Besar RI di Seoul John A. Prasetyo, serta para pejabat dari Kantor Wakil Preisden. Usai pertemuan, Wapres Boediono langsung bertolak kembali ke tanah air dengan pesawat Boeing 747-400 TNI AU dari Bandara Militer Seongnam, Seoul.

Tidak ada komentar: