DAFTAR BERITA

Selasa, 26 Februari 2013

Empat Jembatan Nasional di Madina Terancam Ambruk

Foto:metrosiantar.com

INFO TABAGSEL.com- banjir bandang dan meluapnya air Sungai Batang Gadis dan Sungai Aek Ranto Puran, empat jembatan nasional di Mandailing Natal, Sumatra Utara, terancam ambruk. Lambannya penanganan pemerintah menyebabkan kondisi jembatan semakin rusak parah.

Seperti dilansir Metro TV, mulai dari pondasi hingga benteng serta beram bahu jalan, semakin mengalami erosi. Besarnya debit air sungai serta tingginya curah hujan menyebabkan penggerusan dan amblasnya tanah benteng di sekeliling badan jembatan.

Jembatan yang diresmikan pada tahun 2010 lalu seyogyanya masih sangat muda, dan selayaknya masih dalam perawatan. Kenyataannya di usia yang masih satu tahun, jembatan ini sudah terlihat rapuh dan sangat berbahaya.

Begitu juga jembatan nasional di Kecamatan Panyabungan, yang baru diresmikan sekitar tiga bulan silam. Kini kondisi jembatan terancam ambruk. Bukan hanya itu. Jembatan Huta Bargot dan Jembatan di Jalan Staim juga sangat memprihatinkan.

Menurut Kepala Dinas PU Madina, kondisi ini sebenarnya masih bisa diminimalisasi asalkan pemerintah Pusat, khususnya Balai Dinas Jalan dan Jembatan Provinsi Sumut tanggap akan situasi cuaca buruk selama beberapa bulan terakhir ini.
(Metrotvnews.com)

Tidak ada komentar: