DAFTAR BERITA

Kamis, 13 Desember 2012

HUT Ke-75, ANTARA bertekad jadi raja portal


Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi mengatakan ANTARA bertekad untuk menjadi raja portal di Indonesia dengan pengembangan bisnis berbasis konten berita teks maupun foto.

"Kami akan terus berjuang untuk bertahan sebagai terjemahan dari visi kami untuk memperkuat posisinya sebagai kantor berita multimedia yang memproduksi teks, foto, dan online," kata Direktur Utama (Dirut) Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi dalam sambutannya pada acara peringatan ulang tahun ke-75ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, sampai saat ini sudah ada 22 provinsi yang mempunyai portal lokal dan pada tahun 2013 ditargetkan semua biro provinsi LKBN ANTARA akan memiliki portal. Hal itu menurut dia akan menjadikan ANTARA memiliki portal berita di 33 provinsi di seluruh perwakilannya.

"Portal ANTARA di daerah dan TV ANTARA tentu bisa menjadi pendulang pendapatan cukup besar dengan efisiensi dan peningkatan mutu serta produktivitas," ujarnya.

Menurut dia, untuk biro luar negeri LKBN ANTARA, portal WWW.ANTARAKL.COM sudah lebih dulu berkembang dan menyusul akan membangun portal berita bahasa Inggris. Hal itu menurut Saiful melalui kerjasama dengan konsorsium AAP Australia, Kyodo News Jepang, dan Bernama Malaysia.

Untuk TV, dia menjelaskan bahwa ANTARA akan menjadi penyedia konten untuk berbagai tv lokal dan nasional, tv digital, dan portal-portal video streaming. Menurut dia, ANTARA TV akan mengarah menjadi TV poll di Istana Kepresidenan dan tempat-tempat penting lain.

"Untuk foto, LKBN ANTARA akan menjadikan biro foto ANTARA menjadi kantor berita foto Indonesia," katanya.

Menurut dia, ANTARA sedang merancang membangun pusat jurnalistik media yang akan dibangun di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat. Rencana itu menurut dia berhasil terwujudkan setelah ANTARA mendapatkan surat keputusan dari Badan Pertanahan Nasional tentang Hak Guna Bangunan atas nama Perum LKBN ANTARA sebagai dasar penerbitan sertifikat.

"Untuk itu kami mohon dukungan dari segala pihak untuk terwujudnya impian yang juga akan banyak menyumbang bagi dunia jurnalistik multimedia di Tanah Air," katanya.

Dalam peringatan HUT Perum LKBN ANTARA itu turut dihadiri Ketua DPR Marzuki Alie, tiga mantan Dirut ANTARA; Parni Hadi, Mohammad Sobari, Ahmad Mukhlis Yusuf. Selain itu turut hadir anggota Dewan Pengawas ANTARA Asro Kamal Rokan, dan perwakilan dari Kantor Berita Bernama Malaysia, Kyodo Jepang, Iran News Agency. 
(I028)

Tidak ada komentar: