DAFTAR BERITA

Sabtu, 29 Desember 2012

Bupati Paluta:Kepala Desa Harus Mampu Gali Potensi

INFO TABAGSEL.com-Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs H Bachrum Harahap melantik dan mengambil sumpah jabatan 53 kepala desa terpilih periode 2012-2018 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak, di Lapangan Utama Kantor Bupati Paluta, Jumat (28/12).
Pelantikan berlangsung bahagia dan penuh haru ini disaksikan oleh Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan, Plt Sekdakab Husni Afgani Husni Hutasuhut beserta istri, Ketua DPRD Paluta Muchlis Harahap SHI, Kapolres Tapsel AKBP Abdul Rizal Engahu SIK MSi, jajaran Muspida, camat, ketua BPD masing-masing desa, mantan kepala desa.

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap, mengatakan para kepala desa yang dilantik harus mampu menggali segala potensi yang ada di desa. Hal ini penting, agar menjadi kekuatan dalam membangun desa dan terwujud kemandirian desa.

"Seorang Kades harus mampu memupuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam merumuskan kebijakan, rencana pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat desa. Sebab, maju mundurnya pembangunan di desa bukan hanya tanggungjawab kepala desa semata, namun merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat," ungkap Bupati.

Bupati berpesan, Kades terpilih agar bisa mengemban amanah warga desanya dalam mengisi pembangunan desa enam tahun kedepan dengan tidak lagi mempermasalahkan persoalan pro-kontra dukungan pencalonan dirinya saat Pilkades sebelumnya.

"Kepala Desa dituntut mampu menggali kemakmuran bagi kepentingan rakyat desanya, mampu berkoordinasi dengan BPD dan peka terhadap persoalan yang ada didesanya serta yang terjadi dimasyarakat luas," tandas Bupati.

Bupati juga menekankan agar kepala desa terpilih memahami tugas pokok dan fungsinya sesuai Undang-Undang berlaku di Republik Indonesia ini dengan mengikuti perkembangan yang terjadi dimasyarakat.

Terpisah, Kepala Desa Situmbaga terpilih, Muhammad Yunus Harahap menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat Situmbaga yang sudah memberikan kepercayaan untuk menjadi orang nomor satu di Desa Situmbaga.

"Ini adalah amanah dari masyarakat mudah-mudahan menjadi keberkahan bukan sebaliknya akan menjadi malapetaka." katanya.

Selain itu dirinya juga menyampaikan terimakasih khususnya kepada Anggota BPD dan Panitia Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, umumnya kepada masyarakat yang sudah semakin dewasa di dalam menerima informasi dan menyampaikan aspirasi, hak dan kewajibanya.

Sehingga di dalam pelaksanaan Pesta demokrasi mulai dari awal hingga selesai Desa Situmbaga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan nyaris tidak ada kendala yang berarti, semua berjalan lancar dan aman.

"Keberhasilan ini bukan merupakan milik saya, tapi ini mutlak merupakan keberhasilan bagi warga masyarakat Desa Situmbaga," ungkapnya. (Analisa)

Tidak ada komentar: