DAFTAR BERITA

Selasa, 23 Oktober 2012

Menlu Sampaikan Bela Sungkawa Atas Wafatnya Raja Norodom Sihanouk

INFO TABAGSEL.com-Menlu RI Marty M. Natalegawa mewakili Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Raja Kamboja, Yang Mulia Norodom Sihanouk di Istana Kepresidenan, tempat di semayamkannya mendiang Raja di Phonm Penh hari Senin (22/10/2012).
 
Raja Norodom Sihanouk wafat dalam usia 89 tahun di Beijing pada tanggal 15 Oktober 2012. Jenazah Raja Norodom Sihanouk tiba dari Beijing di Phnom Penh pada Rabu kemarin (17/10).
 
Jenazah Raja disemayamkan di Istana Kerajaan (Royal Palace) selama kurang lebih tiga bulan sebelum dimakamkan. Pemerintah Kamboja menetapkan masa berkabung nasional pada tanggal 17 – 23 Oktober 2012.

Pada kesempatan tersebut, Menlu RI berkesempatan menyampaikan ungkapan belasungkawa dan duka cita dari Pemerintah dan rakyat Indonesia secara langsung kepada anak termuda dari Raja Norodom Sihanouk, Ratu Norodom Arun Resmey dan Deputi Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri HOR Nam Hong.

“Beliau akan terus diingat sebagai negarawan sejati, Pemimpin yang tulus dengan kesungguhan komitmen dalam memajukan kesatuan nasional dan kesejahteraan rakyat Kamboja, serta telah berkontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran kawasan serta kepentingan negara-negara berkembang,” ujar Marty.

Negara-negara ASEAN lainnya seperti Perdana Menteri Laos, Viet Nam, Thailand, Singapura, Wakil Presiden Myanmar dan ketua DPR Filipina juga telah menyampaikan bela sungkawa.

Sebelumnya, sesaat setelah mendengar wafatnya Raja Sihanouk, Presiden RI telah menyampaikan pernyataan langsung ucapan duka dan telah mengirimkan surat ucapan belasungkawa secara resmi kepada Raja Norodom Sihamoni, putra dan pengganti Sihanouk, dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen.
 
Presiden RI dijadualkan akan memberikan penghormatan aklhir kepada almarhum dalam kesempatan KTT ASEAN dan atau saat  pemakaman Raja Norodom Sihanouk pada bulan Nopember dan Januari 2013 mendatang.
 
Dalam kesempatan kunjungan singkat tersebut, Menlu Marty berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kamboja, Hor Nam Hong dan membahas berbagai hal termasuk persiapan KTT ASEAN dan KTT Lainnya Nopember mendatang. (sumber: BAM)

Tidak ada komentar: