DAFTAR BERITA

Selasa, 17 Juli 2012

Masyarakat Madina Lakukan Tradisi Bersih Makam

Masyarakat Madina Lakukan Tradisi Bersih Makam(starberita)

INFO TABAGSEL.com-Banyak hal dilakukan orang setiap memasuki bulan suci Ramadhan. Di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tradisi pembersihan makam (kuburan) baik secara keluarga maupun bergotong royong sering dilakukan masyarakat setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.
Kegiatan yang menjadi tradisi turun temurun itu bukan hanya dilakukan oleh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Madina saja, melainkan juga warga Madina yang berada di perantauan-pun pulang ke kampung hanya untuk berziarah ke makam sekaligus membersihkannya.

Selain tradisi membersihkan makam, masyarakat Madina juga ada tradisi yang selalu dilakukan saat menyambut bulan suci Ramadhan yakni Marpangir/mandi yang dilakukan sehari menjelang masuknya bulan puasa.

“Tradisi ini sudah dilakukan turun temurun, namun pada saat sekarang ini banyak yang melakukannya secara gotong royong, sehingga masyarakat yang merantau melakukan ziarah nyaman,” kata seorang warga, Nur Jannah Lubis, Senin (16/7).

Diterangkan, tradisi membersihkan makam sekaligus ziarah tidak diketahui bagaimana tujuannya, bila dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan. ”Namun, yang jelasnya kita melakukan ziarah ke makam untuk selalu mengingat mati,” katanya.(Starberita)

Tidak ada komentar: