TEMPO.CO , Moskow
- Pelanggaran terhadap persyaratan izin ketinggian dianggap antara lain
sebagai alasan jatuhnya SSJ-100. Pilot kehormatan dan ahli keamanan
penerbangan, Vladimir Gerasimov, menyatakan keyakinannya kecelakaan
sepenuhnya karena faktor kecerobohan pilot.
"Pesawat jet
menabrak gunung," katanya. "Ini berarti dia turun lebih rendah dari
batas aman. Ada ketinggian minimal untuk medan mulus, daerah perbukitan,
dan daerah pegunungan. Jika jet sampai celaka, berarti ada aturan
ketinggian yang dilanggar."Jika reruntuhan terletak di 1,5 km dari titik terakhir komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara - ini berarti hanya beberapa detik penerbangan. "Ini berarti kita berbicara bukan tentang pesawatnya, tetapi tentang pilot. Ini kesalahan pilot," katanya.
Seorang pilot Indonesia, yang telah menerbangkan lebih dari 33.000 jam, juga sangat percaya kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan manusia. "Saya tidak bisa tidak bertanya-tanya sendiri, mengapa pilot meminta untuk turun ke 6.000 kaki? Itu melanggar izin ketinggian minimal (minimum obstacle clearance altitude/MOCA). Di lokasi itu, clearance minimum adalah sekitar 11.000 kaki," kata Ronny Rosnadi seperti dikutip Russia Today.
"Pesawat itu seharusnya turun ke ketinggian yang lebih rendah hanya ketika mendekati sebuah titik di selatan pantai Pangandaran. Itu jauh lebih aman," tambahnya.
Rosnadi menyatakan pilot Rusia mungkin telah dalam kondisi tidak stabil saat berada dalam pesawat. "Dia bisa saja terlalu percaya, atau hanya lelah," kata mantan pilot Merpati Nusantara Airlines ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar