DAFTAR BERITA

Selasa, 08 Mei 2012

Gaun Julia Orayen Sedot Perhatian Pada Debat Presiden


INFO PALUTA.com-Siapa yang menang dalam acara debat para calon presiden Meksiko? Menurut media dan kicauan orang di Twitter, pemenangnya bukan para calon presiden, melainkan seorang model montok dalam balutan gaun ketat yang bikin tercengang jutaan permirsa televisi ketika ia tampil di panggung selama kurang dari 30 detik dalam acara debat itu.

Harian Los Angeles Times, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Selasa (8/5/2012), melaporkan, Julia Orayen bertindak sebagai seorang edecan dalam debat itu. Edecan merupakan sebuah peran yang sudah lama jadi tradisi dalam acara politik formal, bisnis, atau hiburan di Meksiko. Edecan semacam nyonya rumah yang berdiri selama pertemuan atau pesta untuk membantu dalam memandu atau mengatur para tamu. Hanya itulah tugas Orayen dalam debat itu.

Orayen pernah berpose bugil untuk majalah Playboy dan tampil nyaris tidak berpakaian di media lain. Namun, dia menyedot perhatian rakyat Meksiko pada Minggu malam lalu saat membawa sebuah kotak berisi potongan-potongan kertas yang menentukan urutan bicara para calon


Orang tidak kagum pada kotak, tetapi untuk Orayen. Dia mengenakan gaun putih ketat dengan membuka lebar di dada bagian atas sehingga payudaranya menunjukkan cukup terbuka. Itulah yang membuat Orayen "menang" dalam perdebatan. Foto itu kemudian terpampang di halaman depan surat kabar dan situs-situs berita Meksiko, Senin.

"Yang terbaik (dari perdebatan itu) adalah gaun putihnya dengan bukaan di dada yang muncul di awal," nyanyian mantan menteri luar negeri Meksiko, Jorge Castaneda, yang juga seorang profesor di Universitas New York.

Alfredo Figueroa, Direktur Institut Pemilihan Federal bertanggung jawab untuk mengatur debat, menyalahkan kejadian tersebut kepada mitra produksi acara yang mempekerjakan agen untuk mengatur perdebatan. Lembaga ini kemudian meminta maaf kepada rakyat Meksiko dan gaun Orayen terkait potensial.

Ketika diwawancarai oleh sebuah jaringan TV Cadena Tres, Orayen mengatakan, tim produksi memberi perintah kepadanya untuk mengenakan gaun putih panjang. Dia kemudian memilih gaun dari lemari sendiri. "Itu satu-satunya pilihan untuk gaun panjang saya tidak berpikir itu akan menyebabkan banyak masalah atau penyebab skandal seperti ini.," Katanya.
Setidaknya satu kandidat tampak melongo ketika melihat lekak-lekuk Orayen dari mimbar. Gabriel Quadri, Partai kandidat Aliansi Baru, yang hanya memiliki satu digit dukungan dalam jajak pendapat, mengatakan penampilan wanita itu membuatnya gugup. "Tidak mungkin untuk tidak memusatkan perhatian pada seorang wanita yang begitu spektakuler," kata Quadri kepada radio MVS.
"Skandal Orayen" satu-satunya hal tak terduga dalam perdebatan, yang analis mengatakan tidak berdampak pada posisi kandidat dalam jajak pendapat. Enrique Pena Nieto dari Partai Revolusioner Institusional harus selama berminggu-minggu menjelang Josefina Vazquez Mota dari Partai Aksi Nasional konservatif, dan Andres Manuel Lopez Obrador dari Partai Revolusi Demokratik kiri.

Tidak ada komentar: