DAFTAR BERITA

Sabtu, 14 April 2012

PALUTA Belum Bentuk TKPKD


INFO PALUTA.com-Padang Lawas Utara (PALUTA), Satu dari enam kabupaten di Sumatera Utara (SUMUT) yang belum memiliki Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).Hal itu terungkap dalam dialog antara wakil  Presiden RI Boediono  dengan  Pelaksana tugas (PLT)  Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho dan Bupati/Walikota se Sumut di Rumah dinas Gubsu,  Jalan Sudirman Medan.

Selain paluta,Lima daerah lain yang belum membentuk TKPKD yaitu Nias Selatan, Binjai, Gunung Sitoli, Batubara, Pakpak Bharat, Labuhan Batu Selatan.Kepada para bupati/walikota dan FKPD, Wapres menginstruksikan agar membentuk dan mengaktifkan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang dapat berkordinasi dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan di pusat. Melaui tim tersebut, berbagai program penanggulangan kemiskinan daerah dapat lebih terkoordinasi dengan memanfaatkan data 40 persen penduduk miskin hasil sensus BPS tahun 2011

"Banyak program-program yang langsung menjangkau masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah, baik yang dilakukan pusat maupun daerah. Cara terbaik untuk mensinergikan program baik pusat dan daerah adalah menyepakati sasaran, sehingga manfaatnya bisa lebih besar," ujar Budiono.



Sekarang, sambung Wapres, sudah ada data dasar yang cukup bagus yang memberikan daftar mengenai rumah tangga yang paling miskin 40 persen, dengan berbagai ciri yaitu nama, lokasi, jumlah anggota keluarga. "Ini adalah suatu kekayaan informasi yang luar biasa. Kalau kita pandai-pandai tentukan sasaran dari data tersebut akan luar biasa sinergi pusat dan daerah," ungkapnya.

Hadir mendamping Wapres, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Wamen Pekerjaan Umum Hetmanto Dardak, dan Kepala BKKBN Sugiri Syarief.
Berita terkait lainnya

Tidak ada komentar: