DAFTAR BERITA

Jumat, 09 Maret 2012

Pukul 22.00, Waktu Ideal untuk Tidur


KOMPAS.com - Kebutuhan tidur kita berbeda-beda, tergantung kondisi fisik dan jenis aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Namun agar dapat tidur dengan pulas, sebaiknya Anda tidak tidur lebih dari pukul 22.00.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh brand seprei, Bedeck, sebelumnya menguji rutinitas tidur sekitar 2.000 orang dewasa di Inggris. Mereka mengaku menikmati tidur yang tenang, dan bangun rata-rata pukul 06.47, dan siap mengawali hari dengan tubuh bugar.

"Waktu yang pasti untuk tidur itu penting, dan kebanyakan orang memastikan mereka bisa tidur nyenyak 8 atau 9 jam semalam," ujar Tania Johnston, juru bicara Bedeck.

Tetapi, sebaiknya paling lambat Anda harus sudah tidur pukul 22.00. Sebelum tidur, idealnya Anda juga melakukan aktivitas yang membuat Anda rileks, seperti makan malam 1,5 jam tidur, diikuti minum secangkir teh pada pukul 21.10.

Boleh saja bila Anda masih melakukan beberapa aktivitas rutin yang berkaitan dengan pekerjaan atau hobi. Tetapi lakukan saja selama maksimal 2 jam, begitu menurut hasil jajak pendapat, termasuk di dalamnya mengecek email, browsing internet, ngobrol dengan pasangan atau keluarga, atau nonton televisi.

Begitu sudah berganti dengan pakaian tidur, para peserta jajak pendapat mengatakan bahwa mereka paling suka tidur menyamping ke arah kanan, sambil dipeluk suami dari belakang. Dengan itu, tidur pasti jadi tambah pulas.
"Lebih baik jika Anda menetapkan jam tidur yang sama setiap malam, maka dijamin Anda bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak," ujar Johnston.