DAFTAR BERITA

Jumat, 09 Maret 2012

Butuh Modal Usaha? Datangi ULAMM


PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah, didirikan di Jakarta berdasarkan TAP XVI/MPR/1998, Letter of Intent IMF tanggal 16 Maret 1999, PP No. 38/99 tanggal 25 Mei 1999 dan Akte Notaris No. 1 tanggal 1 Juni 1999 yang mendapat pengesahan Menteri Kehakiman RI No. C-11.609.HT.01.01.TH 99 tanggal 23 Juni 1999. Dari modal dasar perseroan ini sebesar Rp. 1,2 trilyun, telah ditempatkan dan disetorkan sebesar 300 milyar.

Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar. Dengan pengembangan model lembaga keuangan alternatif maka pendekatan pembiayaan yang dilakukan PNM tidak seperti pendekatan perbankan. Penguatan manajemen juga diberikan oleh PNM sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan penguatan permodalan. Dalam operasinya, kebijakan PNM ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan seperti Lembaga Modal Ventura, Bank Umum/Syariah, Koperasi Simpan Pinjam, BPR/S, maupun Lembaga Keuangan Mikro/Syariah lainnya di seluruh propinsi Indonesia.

Fokus usaha yang perlu segera dikembangkan antara lain sektor agribisnis yang meliputi bidang pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, industri rumah tangga yang berorientasi ekspor atau substitusi impor, padat karya dan menghasilkan nilai tambah, di samping sektor jasa seperti pengembang, pariwisata dan tenaga kerja. Nilai tambah yang dimaksud menyangkut konsep dagang, pemanfaatan teknologi dan kualitas produk.

Sumber pembiayaan yang disalurkan PNM berasal dari modal pemerintah, dan kini dalam penjajakan untuk memperoleh pinjaman dalam dan luar negeri. Sumber pembiayaan yang berasal dari investor lokal dan luar negeri dapat dihimpun oleh PNM melalui pengelolaan dana investasi oleh unit usaha PNM Investment Management.

Sesuai SK Menteri Keuangan RI No. 487/KMK.017/1999 tanggal 13 Oktober 1999, PNM telah ditetapkan menjadi salah satu BUMN Koordinator Penyalur Kredit Program eks KLBI yang sebelumnya dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.



ULAMM(Unit Layanan Modal Mikro)

Untuk menjadi mitra ULaMM gampang lho, asalkan anda sudah punya usaha yang prospektif minimal 2 tahun, usahanya bisa di bidang produksi, perdagangan, pertanian, peternakan maupun usaha lain yang bersifat komersil baik untuk modal kerja atau investasi.

Berapa jumlah pembiayaan yang bisa diperoleh dari ULaMM ? Besaran nilainya mulai dari 1 juta sampai dengan 200 juta (tergantung dari kebutuhan dan skala usaha calon nasabah) bisa dengan skema/pola pembiayaan konvensional ataupun pola syariah.

Prosesnya dimulai dari kunjungan on the spot Marketing Officer ULaMM ke lokasi calon nasabah, pada tahap ini Officer ULaMM melihat kondisi usaha calon debitur untuk kemudian dibuat ringkasan hasil pengamatan usaha calon debitur sekaligus menilai kelayakan pemberian pinjaman pembiayaan yang akan diberikan.

Syarat lain yang diminta tentu identitas lengkap calon debitur berupa KTP, KK, dll, serta dibutuhkan juga jaminan berupa aktiva bergerak dan atau aktiva tetap seperti Kendaraan, gedung, rumah dan tanah. Setelah persyaratan yang dipenuhi dan kelayakan usaha dinilai prospektif maka kantor ULaMM segera mencairkan pembiayaan dalam waktu singkat yaitu 3 hari kerja setelah dokumen lengkap.

Sistem pembayaran angsuranpun mudah, bisa harian, mingguan dan bulanan. Cara pembayaran angsurannya bisa dijemput melalui petugas ULaMM (Kolektor), bisa juga langsung ke kasir di Kantor ULaMM atau transfer antar bank ke rekening ULaMM.

Usaha Berkembang, Masa Depan Gemilang.
alamat pelayanan ulam

Padang Sidempuan
Jl. Sersan Mayor Liong Kosong No. 37 (Eks Jl.Sudirman) Kel. Bincar, Kec .Padang Sidimpuan Utara