DAFTAR BERITA

Jumat, 22 November 2013

Bendungan Desa Garonggang,Paluta Jebol Diterjang Banjir

INFO TABAGSEL.com-Bendungan/Tahalak di Desa Garonggang, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), jebol diterjang banjir, Kamis (21/11).

Akibat kejadian tersebut menimbulkan keresahan pada sekitar ratusan Kepala Keluarga yang tinggal di wilayah tersebut pasalnya bendungan atau tahalak ini mengairi ratusan hektar persawahan mereka.

Saat ini masyarakat masih tetap berupaya untuk lakukan perbaikan dengan peralatan sederhana seluruh warga gotong royong, sebahagian warga ada yang mengangkati batu lalu menyusunnya dan sebahagian lagi sibuk dengan perbaikan lainnya sementara untuk kaum ibu dengan sigap membantu pekerjaan ringan seperti menyiapkan makanan dan minuman, terlihat jelas kekompakan dan budaya gotong royong diantara sesama warga masih tetap terjaga.

"Dengan peralatan seadanya seluruh warga gotong royong untuk memperbaiki tahalak ini," kata Pataruddin Harahap, Jumat (22/11) di Desa Garonggang Kecamatan Padang Bolak.

Dikatakan jebolnya tahalak yang ada di Desa mereka diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi hingga mengakibatkan banjir yang kemudian menghantam bendungan hingga jebol akibat daripada meluapnya sungai Batang Ilung.

Kejadian ini sudah berulang kali terjadi dan warga hanya bisa pasrah karena menurutnya curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini dan tidak bisa di cegah.

"Kami hanya bisa pasrah dan berharap semoga pihak terkait melakukan perbaikan kepada bendungan ini," ungkapnya.

Senada juga disampaikan Kepala Desa Kades Garonggang Mara Gabe Siregar.

Menurutnya terkait jebolnya bendungan tersebut pihaknya dari Pemerintahan Desa sudah sering mengajukan bantuan ke Pemkab melalui Dinas PU tapi hingga saat ini bantuan untuk memperbaiki bendungan atau realisasi tak kunjung terealisasi padahal seluruh warga yang ada di desanya sangat mendambakan perbaikan dikarenakan mayoritas semua warga mata pencahariannya adalah bertani.

"Kami harapkan bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki tahalak ini segera bisa terwujud," pintanya.

Terpisah Kepala Dinas PU Makmur Harahap dikonfirmasi melalui Kabid Pengairan M Nuh Pulungan mengungkapkan pihaknya memang sudah mendapat laporan dari masyarakat tentang jebolnya bendungan yang ada di Desa Garonggang, hanya saja untuk proyek rehab atau perbaikan bendungan tahalak itu akan mulai berjalan bulan Januari 2014 mendatang.

"Usulan untuk rehab dari Desa Garonggang memang sudah ada namun prose rehab bendungan tahalak itu akan dimulai Januari 2014 mendatang," kata M Nuh Pulungan.

Tidak ada komentar: