DAFTAR BERITA

Senin, 20 Mei 2013

Chatib Basri Jadi Menkeu, Letjen TNI Moeldoko Jadi KSAD

Presiden SBY mengumumkan dua pejabat baru dalam satu keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/5) siang. Kedua pejabat tersebut adalah Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan dan Letjen TNI Moeldoko menjadi KSAD yang baru. Chatib rencananya dilantik besok, sedangkan Moeldoko lusa. Sebelumnya, Presiden SBY menyampaikan keterangan perkembangan penanganan runtuhnya terowongan PT Freeport Indonesia di Papua. (foto: cahyo/presidenri.go.id)


INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumumkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Dr Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan baru menggantikan Agus Mattowardoyo, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Moeldoko sebagai KSAD menggantikan Jendral TNI Pramono Edhi Wibowo, dalam jumpa pers di kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5).

Presiden menilai Chatib Basri cakap berdasar pengalaman, pendidikan, dedikasinya. Presiden akan melantik Chatib Basri di Istana Merdeka pada Selasa (21/5).

Penetapan Chatib Basri, yang diumumkan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5), menurut Presiden, mempertimbangkan berbagai aspek, yaitu:

* Chatib Basri seorang ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas. Saat ini Chatib Basri menjabat Kepala Koordinasi Penanaman Modal (BKPM);

* Dr Chatib Basri pernah bertugas sebagai Staf Khusus Menkeu;

* Pernah juga menjabat Deputi Menkeu untuk tugas-tugas G-20;

* Pernah menjabat sebagai Sherpa G-20 bagi Presiden SBY pada Sidang G-20 di Washington pada 2008; dan

* Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

"Selama Chatib Basri bertugas kurang lebih satu setengah tahun menjabat sebagai Kepala BKPM, investasi di Indonesia tumbuh sangat menonjol, dan ini sangat penting untuk menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi, dikala ekspor kita dan juga ekpor negara lain mengalami kemerosotan," kata Presiden.

Presiden menambahkan, investasi menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terjaga baik relatif tinggi ditengah resesi global.

Sementara Agus Martowardoyo yang sebelum menjabat Menteri Keuangan telah dipilih DPR untuk menjabat sebagai Gubernur bank Indonesia mengantikan Darmin Nasution. Agus akan bertugas mulai 23 Mei ini.

KSAD Baru

Pada kesempatan yang sama, Presiden SBY juga mengumumkan keputusannya menyetujui usulan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang mengusulkan nama pengganti Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo. Dari beberapa jenderal bintang tiga yang diusulkan, Presiden SBY memilih Letjen Moeldoko, yang saat ini menjawab Wakil KSAD.

Menurut Presiden SBY, Jenderal Pramono Edhie Wibowo akan berakhir masa tugasnya pada bulan Mei 2013 ini, karena akan memasuki pensiun.

Kepada KSAD yang baru, Presiden mengharapkan menjadikan TNI AD tumbuh lebih profesional, capable, siap menjalankan tugas-tugasnya , dan senantiasa dekat dengan rakyat Indonesia. (WID/ES)

Tidak ada komentar: